Lebak, Banten Antara Jateng - Gerakan Salat Subuh Berjemaah dinilai dapat meningkatkan amar maruf nahi munkar (mengajak kebaikan dan mencegah keburukan), membiasakan diri untuk disiplin terhadao waktu, dan emperkuat silaturahim.

"Manfaatnya luar biasa," kata Ustad Asep Komar Hidayat yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lebak, seusai Salat Subuh Berjemaah di Masjid Al-Araf Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu.

Asep juga menilai gerak ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. "Kami berharap semua kecamatan di Lebak bisa melaksanakan gerakan salat subuh," katanya.

Menurut ustad, salat subuh berjemaah bisa membuat seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Lebak meningkatkan perbuatan amar maruf nahi munkar sehingga bisa bekerja dengan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Rohman, seorang warga Rangkasbitung yang sengaja menginap di Masjid Al-Araf demi gerakan salat subuh berjemaah, berkata "Kami berharap Gerakan Shalat Subuh terus direalisasikan untuk memperkokoh umat muslim juga dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT."

Ketua DKM Mesjid Agung Al- Araf Rangkasbitung Eri mengapresiasi gerakan ini karena bisa mendorong muslim menunaikan salat wajib dengan tepat waktu.

"Biasanya, di masjid ini jemaah salat subuh hanya setengah saf, namun dengan gerakan itu cukup padat," kata Eri.

Pewarta : Antaranews
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024