Magelang, Antara Jateng - Bupati Magelang Zaenal Arifin meminta para kepala desa yang baru saja dilantik segara membangun kekompakan dan hubungan yang harmonis dengan perangkat desa guna menyukseskan berbagai program pembangunan di daerah masing-masing.

"Karena kekompakan dan kerja sama yang baik menjadi kunci utama suksesnya tugas-tugas kepala desa memimpin pembangunan di desanya," katanya di Magelang, Rabu.

Bupati Zaenal Arifin melantik 24 kades baru di Pendopo Drh. Soepadi Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hasil pemilihan kepala desa pada 23 Oktober 2016.

Hubungan yang kompak dan harmonis, kata dia, juga harus dibangun oleh kades dengan anggota Badan Permusyawaratan Desa, dan pengurus lembaga kemasyarakatan lainnya.

Mereka, kata dia, juga segera mempelajari dengan baik berbagai peraturan menyangkut desa agar berbagai tugas yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Para lawan politik saat pilkades yang lalu, kata dia, juga harus dirangkul oleh para kades guna mendukung program-program pembangunan di desa masing-masing.

Pada kesempatan itu, Bupati Zaenal juga menyatakan bangga karena pilkades yang lalu menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat relatif cukup tinggi, yakni 74,68 persen.

Ia mengatakan bahwa jabatan kades sebagai amanah dan kepercayaan masyarakat yang harus dilaksanakan secara tulus dan ikhlas.

"Kades bukan penguasa tetapi jabatan sebagai seorang pemimpin yang harus mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan keluarganya," katanya.

Para kades, katanya, harus melayani masyarakat secara optimal dan menjadi teladan kehidupan dalam kehidupan sehari-hari di tengah warganya.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024