Berlin, Antara Jateng - Pelatih timnas Jerman Joachim Loew tidak akan membuat para pemainnya kelelahan pada pertandingan persahabatan mereka melawan Italia.

Klub-klub Bundesliga mengeluhkan jadwal padat seiring pertandingan papan atas Liga Jerman antara Bayern Munich melawan Borussia Dortmund telah semakin dekat.

"Saya telah sering berkata bahwa para pemain mempersiapkan batas mereka," kata sang pelatih kepada para pewarta di Roma menjelang pertandingan melawan Italia di Milan pada Selasa.

Ketua Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge mengeluhkan pada pekan lalu mengenai apa yang disebutnya sebagai jeda-jeda yang sering terjadi di klub sepak bola untuk mengakomodasi pertandingan-pertandingan internasional, dengan menyebut agenda itu sebagai "bencana."

Para pemain juga kerap mengeluh mengenai tekanan-tekanan terkait waktu yang terjadi akibat agenda pertandingan-pertandingan nasional dan klub.

Jerman menang 8-0 atas San Marino pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada Jumat, sebelum melawat ke Roma untuk bertemu Paus Francis dan pergi ke Milan.

Sejumlah pemain Jerman, termasuk Mats Hummels, Thomas Mueller, Mario Goetze, dan Joshua Kimmich, kemudian akan harus mempersiapkan diri untuk pertandingan terbesar di Liga Jerman pada beberapa musim terakhir, di mana Bayern menghadapi Dortmund pada Sabtu.

"Saya tidak berpikir secara spesifik mengenai bagaimana untuk mendistribusikan ketegangan. Tidak ada pemain yang akan kembali ke klub-klub mereka dengan kelelahan," kata Loew.

"Saya selalu mengurusnya dengan mengistirahatkan sejumlah pemain kunci pada November dan mengakomodasi para klub."

Ia mengatakan pemain Bayern Kimmich tidak akan bermain pada jantung pertahanan sebagaimana yang dilakukannya saat melawan San Marino, di mana Benedikt Hoewedes siap bermitra dengan Hummels.

"Hoewedes akan tampil sejak awal, bermain bersama Hummels," ucapnya. "Memungkinkan juga untuk memainkan (pendatang baru) Yannick Gerhardt sejak awal, ketimbang (bek kiri) Jonas Hector."

Gerhardt merupakan satu dari tiga pemain muda, yang mendapatkan panggilan pertamanya untuk memperkuat timnas, di mana Serge Gnabry membukukan tiga gol ke gawang San Marino dan Benjamin Henrichs juga tampil sebagai pemain inti saat melawan negara kecil Eropa itu pada Jumat.

Pewarta : Antaranews
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024