Jakarta, Antara Jateng - Staf penulis Trump Organization meminta maaf dan memberikan penjelasan mengenai pidato Melania Trump di konvensi Partai Republik, yang di dalamnya ada bagian yang mirip dengan pidato Michelle Obama pada 2008 dan memicu tuduhan plagiarisme.

Dalam satu pernyataan, staf penulis bernama Meredith McIver itu menjelaskan bahwa dia yang memasukkan kalimat-kalimat dalam pidato Melania yang mirip dengan pidato Michelle Obama di konvensi nasional Partai Demokrat untuk mendukung suaminya Barack Obama tahun 2008

Mclver mengatakan Melania membacakan kalimat-kalimat dari pidato Michelle Obama melalui telepon kepadanya sebagai contoh.

McIver kemudian mencatatnya dan kemudian memasukkan sebagian dalam draf pidato yang kemudian dibacakan Melania. Menurut dia Michelle Obama adalah "orang yang selalu disukai" Melania Trump.

"Saya tidak memeriksa pidato Ny. Obama. Ini adalah kesalahan saya dan saya merasa buruk karena menyebabkan kekacauan bagi Melania dan Trumps, serta Ny Obama," katanya seperti dilansir Reuters.

McIver menyatakan telah mengajukan pengunduran diri terkait kontroversi mengenai pidato itu, namun Trump dan keluarganya menolak.

Trump Organization milik Donald Trump. McIver terdaftar sebagai penulis beberapa buku populer Trump, termasuk "Trump: How to Get Rich" dan "Trump: Think Like a Billionaire". Dia peraih beasiswa Ford Foundation yang lulus dari University of Utah.

Trump membela McIver dalam wawancara di ABC News pada Rabu, mengatakan: "Dia melakukan kesalahan. Orang melakukan kesalahan. Kau juga pernah berbuat salah. Kita semua pernah salah."

Sampai beberapa jam sebelum McIver mengeluarkan pernyataan, manajer kampanye Donald Trump Paul Manafort tidak mengatakan bahwa ada kalimat yang diambil dari pidato Michelle Obama dan berusaha untuk menekankan efektivitas keseluruhan pidato.

"Kontroversi yang Anda bicarakan adalah tidak bermakna sama sekali," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Pewarta : Antaranews
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024