Magelang, Antara Jateng - Jajaran Satuan Perlindungan Masyarakat Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, akan diturunkan bersama aparat lainnya untuk pengamanan selama Lebaran 2016.

"Kami sudah melakukan apel kesiapan linmas untuk ikut dalam pengamanan Lebaran," kata Babinsa Koramil 01/Magelang Tengah Kota Magelang Serma Adip di Magelang, Jumat.

Ia mengatakan satu peleton Linmas Magelang Tengah atau sekitar 30 personel ikut dalam apel kesiagaan yang dilakukan di aula kantor Kelurahan Cacaban, Kota Magelang.

Mereka, ujarnya, akan bersama-sama personel dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan instansi terkait lainnya bertugas di beberapa pos keramaian di wilayah tersebut.

Ia mengaku telah mengatur jadwal mereka untuk bertugas di beberapa pos pengamanan Lebaran, terutama di Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

"Semua dibagi agar tidak mengganggu kepentingan pribadi dalam melaksanakan Lebaran, tapi juga tidak meninggalkan tanggung jawab pengamanan untuk masyarakat luas, nantinya," ujarnya.

Ia mengatakan biasanya mulai H-5 Lebaran situasi jalan di wilayah setempat mulai padat lalu lintas sehingga butuh penanganan pengamanan yang saksama.

Jajaran Koramil 15/Dukun Kabupaten Magelang juga telah meningkatkan patroli pengamanan desa-desa wilayah barat puncak Gunung Merapi menjelang Lebaran 2016.

"Bersama masyarakat dan anggota linmas, kami telah meningkatkan patroli pengamanan di berbagai desa," ujar Danramil 15/Dukun Kapten Arm. Saridi.

Ia menjelaskan tentang pentingnya patroli bersama kepolisian dan unsur masyarakat setempat lainnya itu untuk memantabkan situasi keamanan warga selama Ramadhan hingga Lebaran mendatang.

"Supaya masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan menyiapkan segala keperluan menyambut Lebaran nanti," ujarnya.

Hingga saat ini, katanya, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah setempat relatif kondusif.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024