"Jika, kami terpilih memimpin Kabupaten Pekalongan pada pelaksaaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2015 siap untuk mengembangkan potensi wisata lokal agar bisa bersaing," kata Calon Bupati Pekalongan, Asif Khlobihi di Pekalongan, Selasa.

Menurut dia, panorama alam yang dimiliki oleh pemkab relatif cukup menjanjikan jika dikelola dan dikembangkan sebagai wisata alam.

"Kami menjanjikan sejumlah objek wisata akan dikembangkan agar mampu memiliki nilai jual pada investor yang nantinya bisa mengubah potensi alam itu sebagai daerah tujuan wisata," katanya.

Beberapa lokasi objek wisata yang bisa dikembangkan itu, kata dia, antara lain Curug Bajing, Curug Muncar, Curug Bidadari, dan desa wisata Lolong.

Ia mengatakan pengembangan wisata lokal ini juga akan dipadukan dengan kegiatan budaya dan kesenian daerah sehingga wisatawan dapat menikmati paket wisata yang ditawarkan.

"Oleh karena, untuk mengangkat wisata lokal perlu adanya peran serta dan kebijakan dari pemkab agar objek wisata lebih dikenal pengunjung," katanya.

Calon Wakil Bupati Pekalongan, Arini Antono menambahkan untuk mengangkat wisata lokal akan membutuhkan partisipasi sejumlah pihak, seperti pemerintah daerah dan masyarakat.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024