Pengelola "Pawon Art Space" Cipto Purnomo di Borobudur, Rabu, mengatakan mereka yang berpameran bersama tersebut berjumlah 15 pelukis, sedangkan pameran berlangsung 5 April hingga 5 Juni 2015.

"Kami yang berjumlah 15 pelukis ini adalah sama-sama lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, angkatan tahun 2001," kata Cipto yang juga salah satu anggota kelompok tersebut dan pegiat kesenian di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan tentang judul pameran bersama tersebut, yakni "Resound", yang maksudnya memperdengarkan kembali spirit para pelukis untuk bangkit bersama dalam wujud karya seni rupa.

Cipto yang didampingi salah satu anggota Kelompok Artrisen, Mulyo Gunarso itu, menyebut jumlah karya lukis dengan berbagai ukuran yang akan dipamerkan sekitar 30 lukisan, antara lain gaya surealis, dekoratif, dan realis.

Sebanyak 15 pelukis tersebut, yakni Ahmad Sobirin, Arif Sulaiman, Choirudin, Cipto Purnomo, Constantia Rika Hapsari, Dani King Heriyanto, Didit Pratomo, Giring Prihatyasono, Karina Rima Melati, Kartika Prawiro, Mulyo Gunarso, M. Aidi Yupri, Ruli Rahim, Slamet Haryadi, dan Stevan Sixcio Kresonia. Mereka umumnya berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, selama ini.

Sejumlah lukisan yang akan dipamerkan, antara lain berjudul "Little Toys" (Cipto), "Bukit Hijau (Gunarso), "Sorry" (Sobirin), "Sang Siti (Dani), "Terinspirasi " (Arif), dan "Belantara" (Karina).

"Suara-suara visual yang ingin kami sampaikan adalah keragaman ekspresi masing-masing sebagai bentuk toleransi visual antarindividu pada era multikultural," kata Cipto yang juga pegiat kelompok Gabungan Seniman Borobudur (Gasebo) itu.

Pembukaan pameran pada Minggu (5/4), rencananya ditandai sejumlah pertunjukkan, seperti pembacaan puisi (Damtoz Andreas), tarian "Kinara-Kinari" (Eko Sunyoto), musik "Awang-Uwung" (Arif Sapari), dan performa "Truntung Nginteri Jagad" (kolaborasi Eko Sunyoto bersama anggota Artrisen).

Pada Minggu (19/5), mereka juga akan menggelar kegiatan berupa melukis bersama dengan melibatkan masyarakat umum dan wisatawan di halaman Candi Pawon sekitar satu kilometer timur Candi Borobudur.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024