"Dengan status perguruan tinggi negeri, Universitas Tidar Magelang (Untidar) dituntut untuk bisa memberikan layanan pendidikan yang prima," katanya, di Magelang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu ketika melantik tiga dekan dan seorang ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu Pendidikan Untidar di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Ia mengemukakan untuk menjadi PTN yang diperhitungkan berbagai kalangan masyarakat, pelayanan menyangkut pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat harus terus ditingkatkan oleh Untidar.

Para dekan dan ketua lembaga di Untidar, katanya, harus bisa menjadi penggerak utama kehidupan akademis di perguruan tinggi tersebut, untuk mencapai perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik.

"Mereka juga harus bisa bekerja dengan optimal dan mampu menggerakkan seluruh elemen yang ada di bawahnya untuk bekerja sebaik mungkin," katanya.

Ia mengemukakan konsolidasi dengan seluruh civitas akademika perlu terus menerus dikuatkan agar berbagai program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bisa terlaksana dengan mantap.

"Konsolidasi yang terus menerus kepada seluruh civitas akademika perlu dilakukan agar dapat menjalankan program-program dan meningkatkan kinerja, guna mendukung kinerja pimpinan serta kemajuan Untidar sesuai dengan peraturan," katanya.

Pada kesempatan itu, Rektor Cahyo Yusuf juga mengatakan Untidar memiliki desa binaan, yakni Desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

"Terus dibina agar bisa menjadi desa mandiri dan dikembangkan lagi menjadi desa wisata. Pembangunan pedesaan dan kewirausahaan adalah ciri pokok Untidar yang akan terus dikembangkan. Pihak fakultas turut andil dalam memajukan Desa Balesari. FKIP bisa turut andil untuk memajukan pendidikannya, Fakultas Teknik di bidang teknis, dan Fakultas Pertanian tentunya turut andil dalam memajukan bidang pertanian di Desa Balesari," katanya.

Tiga dekan yang dilantik, adalah Sukarno menggantikan Samingin sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Kun Suharno sebagai Dekan Fakultas Teknik sebagaimana jabatan sebelumnya, dan Gembong Haryono menggantikan Hadi Riyanto sebagai Dekan Fakultas Pertanian.

Selain itu, Usman Siswanto dilantik sebagai Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Lembaga tersebut merupakan penggabungan antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sebelumnya dengan ketua Yulia Esti Katrini dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Perencanaan Pengembangan dengan ketua Agus Suprapto.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024