Jakarta (ANTARA) - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juli 2019 mengindikasikan kepercayaan konsumen tetap terjaga, di mana Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tetap berada pada level optimis yaitu sebesar 124,8, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 126,4.



Optimisme konsumen yang tetap terjaga itu ditopang oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang membaik, yang terindikasi oleh Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat sejalan dengan tetap kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan ke depan, kata Departemen Komunikasi BI dalam info terbarunya tentang hasil survei konsumen di Jakarta, Selasa.



Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat melemah dari bulan sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh menurunnya keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja.



Dekom BI menyampaikan bahwa hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang yakni pada Januari 2020 diprakirakan meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang sebesar 174,9, meningkat dari 170,3 pada bulan sebelumnya.



Peningkatan itu disebabkan oleh tingginya permintaan pada awal tahun yang berdampak pada kenaikan harga barang, katanya.



Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019