Tangerang (ANTARA) - Dokter spesialis anak Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Dr Arifin Kurniawan Kashmir mengatakan, Air Susu Ibu (ASI) sebagai nutrisi terbaik untuk menunjang pertumbuhan yang optimal hingga enam bulan pertama kehidupan anak.

Ia menuturkan melalui pekan menyusui yang diperingati setiap tanggal 1-7 Agustus 2019, IDAI berharap pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap ASI semakin kuat.

"Secara umum sudah banyak yang paham manfaat ASI, namun ada kendala-kendala yang mentolerir mereka mengganti ASI dengan susu formula," ucapnya dalam acara seminar pekan Menyusui dunia di Aula Rumah Sakit Sari Asih Ciledug yang diikuti Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Banten.

IDAI berupaya memfasilitasi kendala-kendala yang dihadapi dan mencarikan solusi bersama-sama dalam mensukseskan kegiatan ASI sampai usia 2 tahun, tujuannya agar menghasilkan generasi Indonesia yang optimal.

"Pekan ASI sedunia ini bertujuan mengingatkan kembali masyarakat pentingnya dan keharusan ASI untuk anak, Menyusui ini program bersama tak hanya ibunya yang terlibat tapi juga dukungan ayahnya, kakek-neneknya dan keluarga besarnya," katanya

Oleh karenanya setelah mengikuti seminar, para dokter spesialis anak kembali menyampaikan edukasi kepada masyarakat di rumah sakit tempat bekerja.

"Penyampaian secara seragam ditambah dengan muatan lokal, misalkan ada satu rumah sakit yang Ibu-ibunya lebih banyak bekerja sehingga menyusuinya gagal saat masuk usia 4-6 bulan, karena masa cuti sudah habis. Ini tantangan bagaimana mempertahankan produksi ASI ibu yang bekerja," katanya.*

Baca juga: Suami perlu ciptakan suasana tenang demi kelancaran ASI

Baca juga: Sentra Laktasi : Peran keluarga menentukan dalam keberhasilan menyusui

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019