Dishub-Satlantas siapkan rekayasa lalu lintas Surabaya Marathon 2019

id surabaya marathon 2019,rekayasa lalu lintas,Dishub-Satlantas siapkan rekayasa lalu lintas,lalu lintas Surabaya,rekayasa lalu lintas Surabaya

Dokumentasi Surabaya Marathon, yang akan digelar di Kota Surabaya. (istimewa)

Surabaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Surabaya menyiapkan rekayasa lalu lintas kegiatan berskala internasional bertajuk Surabaya Marathon 2019 yang akan digelar di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu pada Minggu (4/8).

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Tunjung Iswandaru, di Surabaya, Kamis, mengatakan untuk penertiban dan pengaturan arus lalu lintas, pihaknya akan mengerahkan 211 personel.

"Para personel itu akan mengatur kelancaran arus lalu lintas dan melakukan pemasangan alat bantu, seperti tutup barier dan traffic cone," katanya.

Untuk persiapan, lanjut dia, pemasangan alat bantu arah serta berkoordinasi dengan pengelola parkir di Tunjungan Plaza (TP). "Sejak malam itu parkir sudah bisa menampung peserta Surabaya Marathon ini," ujarnya.

Adapun Pemkot Surabaya sendiri telah menyiapkan 1.200 personel yang terdiri dari jajaran Satpol PP, Linmas, maupun petugas kesehatan. Para petugas tersebut akan mengawal semua rute yang dilalui para peserta. Bahkan, Pemkot Surabaya akan menyiapkan 11 unit ambulans saat kegiatan tersebut berlangsung.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Polrestabes M. Su’ud mengatakan pihaknya akan mengatur rekayasa lalu lintas dan mensterilkan rute-rute yang dilewati peserta sejak pukul 04.30 WIB, terutama untuk garis awal kegiatan (start) dan finis di Jalan Embong Malang.

"Mulai pukul 04.20 WIB dini hari Minggu, akses menuju Embong malang kita sterilkan. Artinya semua kendaraan tidak bisa mengakses Jalan Embong Malang karena garis start. Untuk rute-rute yang dilewati Surabaya Marathon akan di sterilkan mulai pukul 04.20 WIB," kata Su’ud.

Ia memastikan, saat acara Surabaya Marathon berlangsung, sepanjang jalan yang digunakan rute tersebut dipastikan steril. Begitu juga dengan Jembatan Mayangkara Wonokromo ke arah selatan menuju A. Yani akan disterilkan.

"Semua pengguna jalan akan dilewatkan menuju jalan frontage road. Kami kerahkan sebanyak 532 personil jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya, untuk mengamankan acara ini," kata dia.

Ia memastikan, estimasi penutupan beberapa jalan tersebut akan berakhir sekitar pukul 12.30 WIB karena peserta terakhir berada di garis finish pukul 11.30 WIB. "Sampai 12.30 WIB, baru bisa kita katakan normal karena pukul 11.30 WIB, terakhir peserta masuk garis finish dan pukul 13.00 WIB, Surabaya normal kembali lalu lintasnya," ujarnya.

Ketua Panitia Surabaya Marathon 2019, Fransisca Budiman mengatakan ada sebanyak 6.005 pelari dari berbagai wilayah di Indonesia maupun mancanegara yang akan meramaikan Surabaya Marathon 2019.

Adapun rute yang akan dilintasi para peserta untuk kategori 5K, yaitu Jalan Embong Malang - Jalan Blauran - Jalan Praban - Jalan Tunjungan Siola - Jalan Gubenur Suryo - Puter di Bambu Runcing -Masuk Pnglima Sudirman - Masuk Ke Karapan Sapi - Basuki Rahmad - Finis.

Kemudian untuk rute 10K, dimulai dari Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – menuju Bubutan – Jalan Pahlawan- puter Kebun Rojo – Jalan Tunjungan – Gubenur Suryo – Walikota Mustajab – Monkasel – Bambu Runcing – Panglima Sudirman – Karapan Sapi – Basuki Rahmad - dan finish di Embong Malang.

Berikutnya untuk half marathon, yakni Jalan Embong Malang – Blauran – Praban – Tunjungan – Gubenur Suryo – Walikota Mustajab – Pemuda – Panglima Sudirman – Raya Darmo – mengarah k Jembatan Mayangkara – puter bali Margorejo – Royal Plaza – Jembatan Mayangkara – Raya Darmo – Diponegoro – Ciliwung – Adityawarman – Mayjend Sungkono – puter balik Ciputra World – Jalan Indra Giri – Dr Soetomo – keluar di Raya Darmo – Urip Sumoharjo – Basuki Rahmad – Embong Malang finish.

Terakhir untuk Full Marathon, yakni Jalan Embong Malang - Kebun Rojo - Tugu Pahlawan – melewati Jalan Tunjungan – Belok Walikota Mustajab – Balai Kota – Gubeng Pojok – Bilition – Sulawesi – Puter Bali Kertajaya – perempatan pertama puter balik menuju Jalan Sulawesi – Gubeng – Monkasel – Pemuda – Pnglima Sudirman - Raya Darmo - Mayangkara – terus di Graha Pangeran puter Balik – Mayangkara – Ciliwung – Adityawarman – Underpass HR Muhammad – puter balik Kantor Kecamatan Praja – Indra Giri – Dokter Soetomo – Raya Darmo – Basra – Finis.
Baca juga: Jalanan Kota Surabaya dipercantik jelang Surabaya Marathon 2019
Baca juga: Surabaya tujuan belanja selama kegiatan lari maraton

Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar