Rute pesawat dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta makin banyak

id Bandara Internasional Yogyakarta,Angkasa Pura I,Faik Fahmi

Pesawat Lion Air saat mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG). (Dokumentasi PT Angkasa Pura I)

Jakarta (ANTARA) - Rute pesawat terbang dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, makin bertambah, menyusul maskapai Lion Air membuka rute baru tujuan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG), Sulawesi Selatan.

Pesawat ini setiap hari berangkat dari Makassar (UPG) pukul 08.35 WITA dan tiba di Kulon Progo (YIA) pukul 09.35 WIB. Selanjutnya pesawat akan berangkat dari YIA pukul 10.05 WIB dan tiba di UPG pukul 12.55 WITA.

“Kami menyambut pembukaan rute penerbangan baru dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta ini. Selain membuka akses alternatif menuju Yogyakarta, pembukaan rute baru ini meningkatkan potensi trafik wisatawan ke destinasi wisata di wilayah Jawa bagian selatan dan berpotensi mendongkrak perekonomian wilayah Yogyakarta dan Jawa bagian selatan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pembukaan rute baru ini ditandai dengan inaugural flight dari Makassar ke Kulon Progo, pada 23 Juli 2019. Tiba di YIA, pesawat disambut dengan prosesi seremoni water salute dan pengalungan bunga untuk penumpang oleh pengelola bandara.

Sejak awal beroperasi pada 6 Mei hingga 23 Juli 2019, YIA telah melayani 52.567 penumpang. Dengan adanya rute baru ini jumlah penerbangan di YIA saat ini ada 10 penerbangan per hari dengan kapasitas sekitar 1.100 kursi per hari.

Sebanyak 10 penerbangan tersebut adalah:
- Batik Air: Cengkareng-Kulon Progo- Cengkareng (CGK-YIA-CGK)
- Citilink: Halim-Kulon Progo-Halim (HLP-YIA-HLP)
- Batik Air: Palangkaraya-Kulon Progo-Palangkaraya (PKY-YIA-PKY)
- Lion Air: Makassar-Kulon Progo-Makassar (UPG-YIA-UPG)
- Batik Air: Kulon Progo-Samarinda-Kulon Progo (YIA-AAP-YIA).

Mulai 1 Agustus 2019, akan ada satu rute baru lagi yang dilayani di YIA, yaitu Lombok-Kulon Progo-Lombok (LOP-YIA-LOP) oleh AirAsia.

Baca juga: DPRD harapkan bandara Yogyakarta beroperasi penuh akhir 2019

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 14 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Juga Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Perseroan juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol Solo-Bandara Yogyakarta dilelang Agustus 2019

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar