Mekkah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 mengimbau jamaah Indonesia untuk selalu membawa kartu bus shalawat --yang di dalamnya tertera nomor bus, nama terminal, dan tujuan pemondokan-- agar tidak mengalami kesulitan saat terpisah dari rombongan.

"Selalu membawa kartu bus dalam tas sandang sesuai wilayahnya masing-masing, semua pasti dapat itu dan dengan kartu itu bisa tanya banyak orang," kata Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daerah Kerja Mekkah PPIH 2019 Maskat Ali Jasmun di Kota Mekkah, Selasa waktu setempat.

Saat pertama tiba di Mekkah, jamaah asal Indonesia akan mendapat kartu bus shalawat yang memuat informasi mengenai nomor bus, terminal, dan tujuan bus.

Pemerintah Indonesia tahun ini menggunakan tiga terminal dari enam terminal yang ada di sekitar Masjidil Haram sebagai pangkalan bus shalawat bagi jamaah, yakni Terminal Syeib Amir, Terminal Bab Ali, dan Terminal Jiad.

Bus-bus shalawat melayani jamaah dari ketiga terminal itu menuju area pondokan yang tersebar di tujuh zona sebagaimana yang tercantum dalam kartu bus.

Maskat menyarankan jamaah untuk mengenali letak terminal arah mereka pulang ke pondokan.

Jaga Kondisi

Maskat juga mengingatkan kepada jamaah yang baru tiba di Mekkah untuk menjaga kesehatan.

"Ketika datang pertama ke Haram ini yang paling penting pastikan kondisi fresh (segar), manfaatkan waktu istirahat yang ada," katanya.

Umumnya jamaah yang baru tiba di Mekkah dari Madinah maupun Bandara Jeddah terburu-buru ingin langsung beribadah ke Masjidil Haram.

Kepada jamaah yang hendak menunaikan umrah wajib atau ibadah lain di Masjidil Haram, Maskat menyarankan mereka agar memilih waktu yang tepat agar terhindar dari dampak kepadatan masjid.

"Upayakan ketika masuk ke Masjidil Haram itu di jam-jam yang tidak terkena waktu salat insya Allah aman, rombongan itu akan utuh dan tak terpisah," katanya.

Ia mencontohkan waktu setelah salat isya atau subuh sebagai waktu yang tepat untuk menunaikan umrah di Masjidil Haram. "Insya Allah saat umrah akan utuh dari tawaf sampai tahalul."

Baca juga:
Jamaah diimbau kenali tiga terminal bus di sekitar Masjidil Haram
Sembilan rute bus shalawat antar-jemput jamaah Indonesia di Mekkah

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019