Masjid Istiqlal selain sebagai tempat ibadah umat Islam juga boleh diakses oleh wisatawan asing termasuk non muslim.
Jakarta (ANTARA) - Masjid Istiqlal sebagai salah satu destinasi wisata religi andalan DKI Jakarta,  selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, bahkan untuk wisatawan mancanegara (wisman) jumlahnya bisa mencapai 300 orang per hari.

"Kami  mendata khusus wisatawan asing, setiap hari selalu ada yang berkunjung jumlahnya mencapai 300 orang per hari," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Huraira AS saat ditemui Selasa (23/7).

Seperti hari ini dalam kurun waktu satu jam, petugas protokol Masjid Istiqlal sudah menerima belasan wisatawan asing yang datang mulai dari Jerman, Vietnam, China dan Korea Selatan.

Mereka terus berdatangan bersamaan dengan pengunjung masjid lainnya, ada yang datang solo, berdua, bertiga, hingga jumlahnya rombongan belasan orang.

Baca juga: Menteri PUPR: Renovasi Masjid Istiqlal ditargetkan selesai 2020

Abu menjelaskan Masjid Istiqlal sudah menjadi destinasi wisata sejak awal berdirinya sekitar tahun 1968 ketika pertama kali dioperasikan dan diresmikan tahun 1978. Baru di tahun 2014 kunjungan lebih meningkat sejak adanya bus 'city tour' yang mengintegrasikan Masjid Istiqlal dengan tempat wisata lainnya seperti Kota Tua dan Islamic Center.

"Banyak yang ingin masuk ke Istiqlal karena terhubung dengan tempat wisata lainnya," kata Abu.

Menurut Abu, Masjid Istiqlal menjadi daya tarik wisatawan asing, selain karena statusnya sebagai masjid nasional Republik Indonesia, memiliki arsitektur yang unik dan nilai sejarah yang melekat di dalamnya.

"Istiqlal juga sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, arsiteknya bukan orang muslim, dibangun pada era Presiden Soekarno sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia," katanya.

Abu mengatakan Masjid Istiqlal selain sebagai tempat ibadah umat Islam juga boleh diakses oleh siapapun termasuk non muslim bahkan yang tidak punya agama.

Baca juga: Fenomena matahari di atas Kabah tidak ubah arah kiblat Masjid Istiqlal

Hanya saja, untuk pengunjung asing ada wilayah-wilayah tertentu yang boleh diakses oleh mereka, setidaknya ada tiga lokasi kunjungan yang boleh mereka akses.

"Mereka tidak dibolehkan masuk ke lantai utama yang digunakan sebagai tempat shalat. Mereka hanya boleh melihat dari batas luar karpet," kata Abu.

Untuk berkunjung wisatawan asing hanya perlu melakukan registrasi di depan pintu masjid. Lalu bagi wanita yang mengenakan pakaian minim akan difasilitasi untuk berganti pakaian yang lebih tertutup.

Sebastian dan Daniela wisatawan asal Jerman menjadi pengunjung pertama Istiqlal hari ini mengaku takjub dengan keberadaan masjid Istiqlal.

Menurut dia, satu kehormatan bisa masuk ke tempat ibadah umat Islam di Indonesia melihat isi di dalamnya.

"Ini kali pertama kami datang ke Istiqlal, sangat menakjubkan, kami belum pernah melihat masjid yang sebesar ini sebelumnya," kata Sebastian usai berkeliling Istiqlal.

Sebastian dan istrinya baru pertama kali ke Istiqlal, sudah dua hari di Jakarta dan akan berada di Indonesia selama tujuh pekan.

Para wisatawan asing ini diajak berkeliling ke tempat-tempat menarik dan unik yang ada di Masjid Istiqlal selama 30 menit. Didampingi seorang pemandu yang akan menjelaskan setiap sudut ruangan, mereka juga bisa berswa foto di lokasi ikonik seperti menara masjid dan beduk berukuran besar yang tersimpan di dalam masjid.

Baca juga: KH Ma'ruf Amin apresiasi Tanara menjadi destinasi wisata religi

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019