Situbondo (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan edukasi antikorupsi kepada ratusan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat, guna menanamkan nilai-nilai kejujuran untuk kalangan generasi muda itu.

Edukasi antikorupsi terhadap pelajar SMA yang di Gazebo Pendopo Kabupaten Situbondo itu merupakan rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK bertema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi".

"Tujuan edukasi antikorupsi bagi pelajar ini, menanamkan nilai-nilai kejujuran, keberanian, kedisiplinan, dan tidak curang," ujar Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Budi Santoso.

KPK, kata dia, menanamkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini kepada ratusan pelajar SMA sederajat itu dengan memberikan edukasi antikorupsi melalui berbagai permainan hingga menonton film di dalam bus KPK.

Baca juga: KPK luncurkan Pusat Edukasi Antikorupsi

Karena dengan cara seperti itu, menurut dia, pelajar dapat mencerna dan memahami tentang nilai antikorupsi melalui permainan. Misalnya, permainan kartu, mengajarkan bagaimana berbuat jujur.

"Karena mereka masih pelajar, paling tidak saat ini kami mengedukasi mereka dengan menanamkan kejujuran. Jadi, pada prinsipnya edukasi kepada pelajar ini menanamkan nilai-nilai kejujuran," kata Budi Santoso.

Di dalam bus KPK terdapat layar komputer dan memiliki aplikasi permainan antikorupsi serta buku pendidikan antikorupsi.

"Permainan di dalam bus ini terdapat nilai-nilai kejujuran dan permainan lainnya mengenai menanamkan nilai kejujuran kepada pelajar, seperti tidak menyontek saat ujian, misalnya," ujarnya.

Leni, siswa SMAN 1 Asembagus, Situbondo, mengaku senang bisa hadir dan mengikuti sosialisasi antikorupsi yang dilakukan oleh KPK.

Baca juga: KPK buka pendaftaran diklat sertifikasi penyuluh antikorupsi

"Permainan kartu yang kami mainkan bersama teman-teman, intinya bagaimana kami jujur. Bisa menolak ketika ada kartu yang digunakan menolak," katanya.

Selain itu, edukasi antikorupsi kepada ratusan pelajar SMA Situbondo juga diisi dengan pemberian hadiah kepada pelajar yang hadir dengan menjawab pertanyaan dari Penasihat KPK Budi Santoso.

Sebelum kegiatan edukasi antikorupsi oleh KPK kepada ratusan pelajar, mereka diajak menyuaralan yel-yel Komisi Pemberantasn Korupsi "berani jujur hebat" secara bersama-sama.

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019