Magelang (ANTARA) - Sebanyak 143 calon haji Kota Magelang diberangkatkan ke Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Selasa, untuk selanjutnya menuju Tanah Suci guna melaksanakan rukun Islam kelima tersebut pada musim haji tahun ini.

Pelepasan jamaah calon haji dari kota itu oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Magelang Joko Budiyono dari halaman Masjid Agung Kauman di kawasan alun-alun setempat, antara lain dihadiri jajaran forum pimpinan daerah setempat, lurah se-Kota Magelang, pihak Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Magelang, dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Magelang.

Jamaah calon haji Kota Magelang akan tergabung dalam Kelompok Terbang 31 Embarkasi Solo bersama dengan rombongan calon haji dari Kabupaten Kebumen dan Purworejo.

Jumlah anggota JCH Kota Magelang pada musim haji tahun ini terdiri atas 60 laki-laki dan 83 perempuan. Mereka didampingi sembilan pendamping dari pihak Kementerian Agama dan lima pendamping lainnya dari pihak Kementerian Kesehatan.

Calon haji termuda bernama Addini Nurilma Hadi (24), warga Perum Korpri Jalan Duku V, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, sedangkan tertua bernama Sumarki (81), warga Menowo 378 Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara.

Rombongan calon haji dari Kota Magelang akan berangkat ke Tanah Suci pada 17 Juli 2019, sedangkan rencana tiba di Tanah Air pada 28 Agustus 2019.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Joko Budiyono mengingatkan mereka untuk selalu kompak dan saling menjalin komunikasi secara harmonis.

"Jaga kekompakan dan jalin komunikasi yang harmonis, baik antarsesama jamaah maupun dengan petugas demi kelancaran pelaksanaan haji. Selalu menjaga kedisiplinan, baik dalam hal makan, ibadah, dan istirahat," kata dia.

Mereka, ujar dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang, juga harus mematuhi berbagai ketentuan dan petunjuk yang diberikan petugas.

"Sebagai tamu Allah SWT, jaga nama baik bangsa dan negara, khususnya Kota Magelang. Doakan Indonesia dan terutama Kota Magelang selalu aman dan tertib, agar roda pembangunan, pemerintahan, dan kemasyarakatan dapat berjalan lancar," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada para petugas haji untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Mereka, katanya, harus selalu berkoordinasi dengan sesama petugas dan memberikan informasi terkini terkait dengan perkembangan situasi selama di Tanah Suci.

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019