Mekkah (ANTARA) - Jamaah Indonesia terus berdatangan ke Mekkah dari Madinah dan saat ini tercatat sudah sebanyak 3.046 calon haji sampai di kota kelahiran Nabi Muhammad tersebut.

Berdasarkan data terkini dari Sistem Komputer Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Selasa, jumlah jamaah haji yang telah tiba di Kota Mekah sampai hari ini berjumlah 3.046 jemaah.

Jumlah tersebut berdasarkan data kedatangan jamaah haji pada 14-15 Juli 2019 yang berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) 1 dan 2; Batam (BTH) 1 dan 2; Lombok (LOP) 1; Padang (PDG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 1.

Sementara untuk rencana kedatangan jamaah hari ini, Data Siskohat menunjukkan sebanyak 6.594 orang akan tiba di Kota Mekah, hingga Selasa malam waktu Arab Saudi. Jumlah tersebut berasal dari 16 kloter.

Antara lain, Embarkasi Solo (SOC) 1, 2 dan 3; Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1; Jakarta-Bekasi (JKS) 2, 3 dan 4; Palembang (PLM) 1, Surabaya (SUB) 3, 4 dan 5; Makassar (UPG) 1; Lombok (LOP) 2; Batam (BTH) 3; Padang (PDG) 2.

Banyak dari mereka yang telah tiba di Mekkah, lebih banyak menghabiskan waktu di Masjidil Haram untuk beribadah, namun tidak sedikit dari mereka terutama yang sudah berusia lanjut, memilih untuk beristirahat di hotel setelah selesai menunaikan umrah qudum.

Jamaah yang diberangkatkan merupakan jamaah yang telah melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Setelah menuntaskan rangkaian ibadah di Madinah, jamaah haji diberangkatkan ke Mekah untuk menunaikan ibadah umrah dan persiapan puncak ibadah haji 9 Dzulhijah.

Baca juga: Rombongan pertama calon haji Indonesia tiba di Mekkah
Baca juga: Jamaah berketerbatasan fisik diimbau mewakilkan untuk lempar jumrah
Baca juga: Jamaah shalat Jumat di bawah cuaca panas ekstrim Masjidil Haram

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019