Makassar (ANTARA) - Sebanyak 434 Jamaah Calon Haji Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan mulai masuk asrama haji Sudiang Makassar sebelum pemberangkatan esok harinya.

"Untuk kelompok terbang (kloter) 06 asal Bulukumba sudah masuk tadi pagi dan mereka masih harus melalui satu tahapan lagi sebelum diberangkatkan keesokan harinya," ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Hasanuddin H Nasir di asrama haji Sudiang, Makassar, Rabu.

Ke-434 calon haji asal Bulukumba ini akan bergabung dengan calon haji lainnya asal Makassar yang jumlahnya sebanyak 16 orang serta lima petugas tim pendamping haji (TPIH).

Berdasarkan jadwal yang diterima dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, pemberangkatan rombongan kloter 06 ini baru akan dilakukan Kamia (11/7) pukul 08.10 Wita.

"Semua calon haji dikarantina dulu selama 24 jam di asrama kemudian diperiksakan kesehatannya di poliklinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar yang ada di asrama haji Sudiang.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyerahkan Jamaah Calon Haji Kabupaten Bulukumba kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Penyerahan Jamaah Calon Haji Kabupaten Bulukumba Tahun 2019 yang berjumlah 432 tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 6 Embarkasi Makassar ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba Andi Hamzah Pangki, Kadis Perhubungan Andi Kurniady, dan Ketua BKPRMI H. Safiuddin.

Baca juga: 40 Persen Jamaah Bulukumba Usia Lanjut
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PPIH Provinsi Sulawesi Selatan atas pengelolaan haji yang semakin membaik.

Sukri sangat berharap peran PPIH dalam pelaksanaan ritual jamaah calon haji Kabupaten Bulukumba sehingga masyarakat Bulukumba dapat menjalankan ibadah secara khusyuk dan lancar dengan kembali ke tanah air dengan memperoleh label haji yang mabrur.

Pada kesempatan ini pula, AM Sukri berpesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji Kabupaten Bulukumba yang akan melaksanakan rukun Islam ke 5 untuk senantiasa mendoakan keselamatan kita semua, dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

"Laksanakanlah kewajiban ini dengan penuh kebersamaan, saling menolong dan mengingatkan sehingga tercipta hubungan yang harmonis yang merupakan karakter masyarakat Bulukumba yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya sipakatau, sipakalebbi dan mali siparappe diantara kita semua", katanya.
Baca juga: JCH Kalteng gagal berangkat melalui Embarkasi Antara Tjilik Riwut
Baca juga: JCH Kalsel di Madinah dalam kondisi baik

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019