Selama ini Polri telah bekerja keras menjaga dan mengawal Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj memberikan apresiasi atas kinerja Polri atas kerja kerasnya dalam mengawal dan menjaga seluruh masyarakat Indonesia.

“Selama ini Polri telah bekerja keras menjaga dan mengawal Indonesia, sehingga kita masih dalam keadaan aman, nyaman dan damai dengan segala hiruk pikuk yang terjadi,” kata Said usai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Bhayangkara di kawasan Monas, Jakarta, Rabu.

Said Aqil berharap Polri lebih professional dan berkualitas, supaya mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat.

“Harapan saya sama dengan harapan presiden dan Kapolri,” ujar Said.

Baca juga: Presiden: Terorisme dan radikalisme masih menjadi tantangan serius

Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara meminta kepolisian agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Di akhir amanatnya presiden menyampaikan lima instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas, yakni meningkatkan kualitas SDM Polri guna menghadapi tantangan tugas semakin kompleks.

Mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat. Meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

Baca juga: Rampak Gendang sinergitas TNI-Polri di HUT Bhayangkara 2019

Memperkuat koordinasi dan lembaga, TNI, kementerian dan pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan Polri siap melaksanakan instruksi presiden untuk memperbaiki kualitas Polri agar terus mendapatkan kepercayaan publik di era modern ini.

“Kami siap menindaklanjuti lima instruksi Bapak Presiden dan memedomaninya dalam pelaksanaan tugas,” kata Tito.

Baca juga: Kapolri terima kasih terkait kenaikan tunjangan kinerja polisi

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019