Polres Lumajang bagikan air bersih di wilayah kekeringan

id kekeringan lumajang,polres lumajang,hut polri ke-73,bagikan air bersih lumajang

Anggota Polres Lumajang membagikan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan di Desa Kedawung, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang (Foto Polres Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Lumajang, Jawa Timur melakukan aksi sosial dengan membagikan air bersih sebanyak 20.000 liter kepada warga yang mengalami kekeringan di Desa Kedawung, Kabupaten Lumajang dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polri di kabupaten setempat.

"Kami ingin merayakan ulang tahun bersama masyarakat karena Polri adalah bagian dari rakyat Indonesia, sehingga berharap institusi ini semakin dicintai oleh masyarakat dan inilah salah satu cara kami yakni merayakan HUT bersama warga Lumajang yang membutuhkan," kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban di Lumajang, Senin.

Baca juga: Tiga kecamatan di Kulon Progo ajukan permohonan bantuan air bersih

Menurutnya Desa Kedawung, Kecamatan Padang merupakan salah satu wilayah yang menjadi langganan daerah rawan kekeringan setiap kali memasuki masa kemarau seperti saat ini.

"Berdasarkan data yang kami terima, ada 18 desa yang tersebar di enam kecamatan di Lumajang yang juga menjadi langganan kekeringan dan dalam waktu dekat, seluruh wilayah tersebut akan mendapat bagian masing masing dalam pembagian air bersih dari Polres Lumajang," katanya.

Menurutnya aksi sosial tersebut tidak hanya dilakukan saat perayaan ulang tahun saja, namun Polri siap membantu kapanpun dan dimanapun warga yang memerlukan bantuan Polres Lumajang.

Sementara Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri yang memimpin aksi sosial itu mengatakan bantuan tersebut tidak hanya diberikan kepada wilayah Kecamatan Padang yang mengalami kekeringan, namun pihaknya akan membagikan air bersih di wilayah lain yang memang membutuhkan air bersih.

"Air bersih adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga kami tak akan diam melihat warga Lumajang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," tuturnya.

Salah satu warga yang mendapatkan jatah air bersih Sunarto mengatakan warga desa sangat berterimakasih dengan bantuan dari Polres Lumajang yang memberikan suplai air bersih kepada desanya yang mengalami kekeringan.

"Saya sangat berterimakasih dengan kepedulian dari bapak polisi. Biasanya saya mendengar kehebatan Tim Cobra menangkap para pelaku kriminal, namun hari ini mereka juga menyelesaikan permasalahan kami dengan mendistribusikan air bersih yang sangat kami butuhkan," katanya.

Baca juga: Kemarau datang, pengeluaran warga Kamal Muara "membengkak"
Baca juga: ACT Lampung pasok air bersih ke kampung Rawa Laut

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar