Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh maskapai dan para pemangku kepentingan (stakeholder) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, untuk mengutamakan keselamatan, keamanan dan pelayanan menyusul beroperasinya secara penuh penerbangan dari dan ke bandara tersebut sejak Senin (1/7).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan sebagai regulator, pihaknya terus memastikan operasional penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati berjalan lancar dan siap melayani seluruh penerbangan domestik jenis pesawat jet hasil pemindahan dari Bandar Udara Husein Sastranegara di Bandung.

“Saya imbau kepada seluruh maskapai dan stakeholder terkait, untuk mengutamakan keselamatan, keamanan dan pelayanan dengan beroperasi penuhnya penerbangan yang dilayani BIJB Kertajati, hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang bisa timbul,” katanya.

Di tempat terpisah, Executive General Manager Angkasa Pura II BIJB Kertajati Ibut Astono menyebutkan ada sebanyak 12 rute penerbangan yang akan dilayani di BIJB Kertajati, untuk Sumatera melayani rute Deli Serdang, Palembang, Padang, Pekanbaru dan untuk Kepulauan Riau dari Batam.

Untuk Kalimantan melayani Pontianak, Banjarmasin dan Balikpapan. Untuk Pulau Jawa melayani Surabaya, lainnya ada Denpasar dan Lombok.

“Rencananya rute tersebut akan dilayani sebanyak lima maskapai dengan 24 penerbangan, maskapai yang berencana beroperasi yaitu Express Air yang mulai pada 7 Juli dan Indonesia AirAsia yang melayani rute Surabaya pada 1 Agustus,” jelas Ibut.

Lebih lanjut Ibut menjelaskan hari ini ada sebanyak 19 penerbangan yang dilayani BIJB Kertajati, maskapai Lion Air melayani sebanyak 11 penerbangan, Citilink melayani enam penerbangan Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia masing-masing melayani satu penerbangan.

“Untuk memudahkan penumpang sudah tersedia moda transportasi, yang disediakan di lobi kedatangan sehingga lebih mudah ditemukan penumpang, dengan rute Bandung, Cirebon, Indramayu, Cikarang, Kuningan, Tasik, Cikijing, Rajagaluh, Jatinangor, Sumedang, Maja, Tonjong, Kadipaten dan Purwakarta,” lanjutnya.

Selain Bus Damri, 10 moda angkutan darat (travel) dan satu angkutan online tersedia untuk melayani para penumpang.

Berikut jadwal penerbangan yang dilayani BIJB Kertajati Per 1 Juli 2019, Garuda Indonesia dengan rute Kertajati-Denpasar PP satu penerbangan, Airasia rute Kertajati-Denpasar saru penerbangan.

Lion Air masing-masing melayani rute Kertajati-Ujung Pandang satu penerbangan; Kertajati-Pontianak satu penerbangan; Pekanbaru-Kertajati-Balikpapan PP satu penerbangan; Surabaya-Kertajati-Batam PP satu penerbangan; Kualanamu-Kertajati-Denpasar PP satu penerbangan; Banjarmasin-Kertajati PP satu penerbangan; Ujung Pandang-Kertajati satu penerbangan dan Pontianak- Kertajati satu penerbangan.

Kemudian Citilink masing-masing melayani rute Surabaya-Kertajati PP dua penerbangan; rute Denpasar-Kertajati PP satu penerbangan; rute Denpasar-Kertajati-Kualanamu PP satu penerbangan; Pekanbaru-Kertajati PP satu penerbangan dan Palembang-Kertajati PP satu penerbangan.

Baca juga: Citilink resmi pindahkan penerbangan dari Bandung ke Bandara Kertajati
Baca juga: Sebanyak 3.782 penumpang jajal Bandara Kertajati
Baca juga: Pengalihan penerbangan ke Bandara Kertajati, ini tanggapan Menhub
Baca juga: Mulai 1 Juli, Garuda rute Bandung-Denpasar pindah ke Kertajati


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019