Kami optimistis, karena ini DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) sudah ada, yang artinya anggarannya tersedia, maka dipastikan jalan dalam waktu dekat
Palembang (ANTARA) - Perbaikan ruas jalan Palembang-Jambi yang rusak parah dipastikan akan dilakukan dalam waktu dekat karena proses lelang untuk tiga paket pengerjaannya hampir selesai.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V Kgs Saiful Anwar di Palembang, Selasa, mengatakan proses lelang sudah dilakukan beberapa waktu lalu yang kini masuki tahap evaluasi sehingga diharapkan pada tahun ini semua pekerjaan memiliki kontrak kerja.

"Kami optimistis, karena ini DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) sudah ada, yang artinya anggarannya tersedia, maka dipastikan jalan dalam waktu dekat," kata dia.

Seperti diketahui, lima paket pengerjaan ruas jalan Palembang-Jambi mengalami kegagalan kontrak berdasarkan keputusan Kementerian PU/PR sehingga perbaikan jalan hanya bersifat fungsional saat persiapan infrastruktur arus mudik 2019.

Kegagalan kontrak kerja itu membuat BBPJN hanya menggunakan dana seadanya, atau menggunakan dana darurat Rp50 miliar untuk memastikan kesiapan infrastruktur mudik Lebaran beberapa waktu lalu.

Saat ini, menurut Saiful, proses evaluasi lelang jauh lebih memungkinkan karena adanya pendampingan Balai Pelaksana Pengadaan Jasa Konstruksi (BPPJK).

Perbaikan ruas jalan Palembang-Jambi merupakan bagian dari pengerjaan sepanjang 430 kilometer dari batas Lampung hingga Jambi.

Saiful mengatakan lelang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) diperkirakan akan rampung pada akhir bulan Juli 2019 dan satu minggu setelah itu dilanjutkan pekerjaan fisik.

Perbaikan jalan ruas Palembang-Jambi merupakan bagian dari perbaikan ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Batas Lampung-Jambi.

Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk memperbaiki 430 kilometer yang menghubungkan tiga provinsi tersebut.

"Total keseluruhannya ada lima paket, dua paket di Batas Lampung-Palembang dan tiga paket di ruas Palembang-Jambi dengan total anggaran Rp680 miliar. Lelangnya bersamaan, mudah-mudahan perbaikannya juga dimulai serentak," kata Kasatker PJN I BBPN V Sumsel, Dedi Mandarsyah.

Baca juga: Perbaikan Jalintim Palembang-Jambi tuntas H-4 Idul Fitri
Baca juga: Jalan Lintas Sumatera dalam kota Palembang siap dilalui pemudik
Baca juga: Tol fungsional Terbanggi Besar, Mesuji, Palembang ramai dilintasi

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019