Sebagian besar penurunan Juni terkonsentrasi pada prospek ekonomi nasional, dengan tingkat pengangguran diperkirakan naik tipis, bukannya melayang turun
New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), didorong terutama oleh reli saham-saham sektor perbankan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 73,38 poin atau 0,28 persen, menjadi ditutup di 26.599,96 poin. Indeks S&P 500 bertambah 16,84 poin atau 0,58 persen, menjadi berakhir di 2.941,76 poin. Indeks Komposit Nasdaq menguat 38,49 poin atau 0,48 persen, menjadi ditutup di 8.006,24 poin.

Saham bank-bank besar termasuk J.P. Morgan Chase, Goldman Sachs, dan Bank of America semuanya naik lebih dari 2,5 persen untuk hari itu. Keuntungan mereka datang setelah mereka lulus uji ketahanan (stress test) tahunan Federal Reserve (Fed) dan mendapat persetujuan untuk meningkatkan dividen dan program pembelian kembali saham pada Kamis (27/6).

Di bidang ekonomi, University of Michigan mengatakan angka akhir indeks sentimen konsumen pada Juni adalah 98,2, sedikit lebih tinggi dari ekspektasi para ekonom, tetapi lebih rendah dari angka 100 pada Mei.

Richard Curtin, kepala ekonom survei konsumen universitas, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penurunan Juni sepenuhnya disebabkan oleh rumah tangga dengan pendapatan di sepertiga teratas dari distribusi, yang lebih sering menyebutkan dampak negatif dari tarif, yang dikutip oleh 45 persen, naik dari 30 persen bulan lalu.

"Sebagian besar penurunan Juni terkonsentrasi pada prospek ekonomi nasional, dengan tingkat pengangguran diperkirakan naik tipis, bukannya melayang turun di tahun mendatang," kata Curtin seperti dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Harga emas naik 1,7 dolar setelah turun dua hari berturut

Baca juga: Dolar AS melemah saat belanja konsumen dan pendapatan pribadi naik

Baca juga: Harga minyak tertekan di tengah peningkatan produksi dan jumlah rig AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019