hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak Jumat (21/6) malam dan Sabtu pagi yang disertai angin kencang membuat pohon tumbang
Padang, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat mencatat sebanyak 10 pohon tumbang di Kota Padang Sumatera Barat akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sejak Jumat (21/6) malam hingga Sabtu pagi.

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi di Padang, Sabtu mengatakan pohon yang tumbang tersebut menimpa satu kendaraan dan menghambat akses jalan sehingga pihaknya langsung melakukan evakuasi

Ia mengatakan sebuah pohon dengan panjang 10 meter dan diameter 50 sentimeter menimpa sebuah mobil yang terparkir di Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Padang Barat Kota Padang.

Sementara sisanya yang ada di sembilan titi seperti di depan Kantor Kemenag Sumbar jalan Rasuna Said, di depan GOR Prayoga, Jalan Pulai Banjir Sawahan, Lolong Belanti, Bungus Teluk Kabung, Sungai Pisang dan lainnya.

Ia mengatakan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang telah menindkalanjuti hal tersebut dengan melakukan pemotongan kayu dan evakuasi agar kayu yang tumbang tidak menghambat akses masyarakat.

Menurut dia hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak Jumat malam dan Sabtu pagi yang disertai angin kencang membuat pohon tumbang.

“Kita dapat laporan dari masyarakat dan langsung dilakukan tindakan,” kata dia.

Ia menginmbau kepada masyarakat agar tidak keluar dari rumah apabila kondisi cuaca buruk karena dapat membahayakan keselamatan dirinya.

“Sejauh ini laporan yang masuk kepada kami ada 10 pohon dan kita terus lakukan patroli ke lapangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” demikian Edi Hasymi.

Baca juga: Belasan pohon tumbang diterjang badai di Padang

Baca juga: Angin kencang tumbangkan pepohonan di Kota Padang


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019