Boyolali (ANTARA) - Objek wisata alam Merapi Garden yang terletak di Dukuh Jarakan Desa Samiran Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, baru dibuka setahun ini, tetapi sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara atau turis asing.

Teguh Alek (25) petugas retribusi tiket masuk Merapi Garden, di Boyolali, Kamis, mengatakan, taman Merapi Garden yang dibuat di lahan seluas sekitar 1.500 meter persegi tersebut, dan dikelola oleh warga Desa Samiran, melalui Koperasi Damandir mulai dibuka pada 16 Agustus 2018.

Namun, kata Teguh Alek, jumlah pengunjung di Merapi Garden Samiran sudah luar biasa baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurun dia, jumlah pengunjung di Merapi Garden Desa Samiran ini, setiap hari rata-rata bisa 200 orang. Bahkan, pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu bisa 500 orang lebih termasuk dari wisatawan asing.

Wisatawan mancanegara yang sudah pernah berkunjung di Merapi Garden antara lain dari India, Malaysia, Perancis, Belanda, dan China Mereka datang selain menikmati pemandangan pegunungan dengan hawa sejuk, juga bersantai bersama dengan melihat langsung Gunung Merapi yang masih aktif hingga sekarang.

Baca juga: Pelaku wisata sambut libur Lebaran meski Merapi masih waspada

Menurut dia, pada liburan Lebaran beberawa waktu lalu jumlah mengunjung sangat luar biasa mencapai sekitar 1.300 orang. Bahkan, lahan parkir yang tersedia di dekat taman penuh hingga keluara sampai jalan raya Boyolali-Selo.

"Merapi Garden letaknya tidak jauh dari pusat Kecamatan Selo atau berjarak hanya sekitar 1 kilometer ke arah pendakian Gunung Merbabu," katanya.

Selain itu, kawasan Merapi Garden juga didukung ratusan rumah penginapan atau homestay dengan corak rumah adat jawa dengan vasilitas modern. Sehingga, banyak wisatawan mancanegara yang menginap di sejumlah homestay warga setempat berkunjungi ke Merapi Garden.

Pengunjung di Merapi Garden Samiran hanya mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per orang retribusi masuk, mereka sudah bisa bersantai menikmati pemandangan pegunungan yang indah dengan hawa yang sejuk. Bahkan, pengunjung di Merapi Garden banyak yang berswafoto untuk mengabadikan dengan pemandangan taman dan Gunung Merapi.

Baca juga: Asita jadikan aktivitas Gunung Merapi sebagai wisata alternatif

Giyanto (23) salah satu pengunjung asal Salatiga mengatakan Merapi Garden memiliki pemandangan alam pegunungan yang indah. Taman ini, cocok untuk berswafoto dan menikmati suasana hanya sejuk melihat hamparan tanaman sayuran dan buah-buahan.

"Saya dari Merapi Garden bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dengan jelas dan sangat indah. Objek wisata Desa Samiran di lereng Merapi dan Merbabu ini, sangat berpotensi luar biasa salah satu tempat desinasi kunjungan wisata di Boyolali," katanya. ***1***

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019