Sekjen isyaratkan Megawati akan tetap pimpin PDI Perjuangan

id Rakernas PDIP,Kongres IV PDIP,Megawati Soekarnoputri

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Antaranews/Riza Harahap)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengisyaratkan Megawati Soekarnoputri masih akan melanjutkan memimpin PDI Perjuangan selama lima tahun ke depan, karena kader dan arus bawah masih menginginkannya.

"Arus bawah masih banyak yang menginginkan Ibu Megawati melanjutkan memimpin PDI Perjuangan. Aspirasi arus bawah tersebut disampaikan oleh para ketua DPD dalam forum Rakernas IV," kata Hasto Kristiyanto di sela kegiatan Rakernas IV PDI Perjuangan, di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Rabu.

Rakernas IV PDI Perjuangan berlangsung tertutup dari media. Hadir pada pembukaan Rakernas IV antara lain, Presiden Joko Widodo, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, serta para ketua, sekretaris, dan bendahara DPD PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia.

Menurut Hasto, meskipun para ketua DPD PDI Perjuangan menyampaikan aspirasi arus bawah yang menginginkan Megawati Soekarnoputri terus melanjutkan kepemimpinannya, tapi terkait jabatan ketua umum baru akan dibahas pada Kongres V PDI Perjuangan, yang dijadwalkan diselenggarakan di Bali mulai 8 Agustus mendatang.

Baca juga: Rakernas IV PDIP siapkan konsolidasi partai

Hasto menambahkan, aspirasi arus bawah tersebut, pertimbangannya karena kepemimpinan Megawati diterima oleh masyarakat luas dan telah terbukti mampu memenangkan PDI Perjuangan pada dua kali pemilu berturut-turut pada 2014 dan 2019. "Suara arus bawah adalah suara yang paling didengar dalam partai," katanya.

Meskipun banyak aspirasi arus bawah yang menginginkan Megawati Soekarnoputri terus melanjutkan kepemimpinannya, namun menurut Hasto, dalam Kongres V mendatang, partai akan tetap membuka panca indra politik untuk menerima masukan-masukan yang lain.

"Kami meyakini kepemimpinan Ibu Megawati adalah obyektif dan sangat kokoh dalam menjaga Ideologi Pancasila," katanya.

Hasto menjelaskan, pada Rakernas IV saat ini dan pada Kongres V PDI Perjuangan, Agustus mendatang, perubahan yang dilakukan partai adalah perubahan paradigma dan pengelolaan partai untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Kemajuan ke arah yang lebih baik, tapi tetap dalam koridor jalan ideologi dan PDI Perjuangan tetap mempertahankan 'core values', yakni gotong royong dan musyawarah mufakat," katanya.

 

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar