Presiden Jokowi sampaikan arahan pada Rakernas IV PDIP

id Rakernas IV PDIP,Konsolidasi partai PDIP,Presiden Joko Widodo

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Antaranews/Riza Harahap)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan sejumlah persoalan bangsa dan negara dalam menyikapi tantangan zaman ke depan dalam forum rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan, di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Rabu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan hal itu kepada pers di sela kegiatan Rakernas IV PDI Perjuangan yang berlangsung tertutup.

Namun, Hasto tidak menjelaskan lebih jauh apa saja arahan yang disampaikan Presiden Jokowi di hadapan struktur pengurus PDI Perjuangan. "Pak Jokowi menyampaikan banyak arahan secara bersemangat, tapi arahan itu untuk internal PDI Perjuangan," kata Hasto.

Menurut Hasto, Rakernas IV PDI Perjuangan diikuti oleh pengurus DPP PDI Perjuangan serta ketua, sekretaris, dan bendahara DPD PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia. Hadir juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Agenda yang dibahas dalam Rakernas IV PDI Perjuangan, menurut dia, adalah melakukan perubahan paradigma yang didasarkan pada landasan ideologi Pancasila dengan menyesuaikan pada tantangan zaman ke depan, tapi tidak merubah "core values" partai.

Hasto menambahkan, Rakernas IV PDI Perjuangan, pada prinsipnya melakukan konsolidasi partai untuk menyamakan dengan agenda pemerintah dalam menghadapi tantangan zaman ke depan.

Konsolidasi tersebut, menurut Hasto, antara lain, PDI Perjuangan sebagai partai pendukung utama pemerintah, menyiapkan basis dukungan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo mendatang. "Pada saat pemerintah memerlukan bantuan, PDI Perjuangan sudah siap," katanya.

Hasto mencontohkan, basis dukungan terhadap pengembangan sumber daya manusia ke depan, baik berbasis kebudayaan maupun teknologi, seperti menyiapkan pendidikan.

Baca juga: Kejutan untuk Megawati

Baca juga: Rakernas IV PDIP siapkan konsolidasi partai

Baca juga: Rakernas IV PDIP siapkan konsolidasi partai

 

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar