Kadin: Indonesia dan Filipina bisa manfaatkan peluang dari pariwisata

id kadin,indonesia-filipina,peluang,pariwisata

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani di Jakarta, Selasa (18/6/2019). (ANTARA/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai Indonesia dan Filipina bisa memanfaatkan peluang besar dari sektor pariwisata dengan bekerja sama melalui paket wisata kedua negara.

"Sebenarnya kedua negara mau mempromosikan pariwisatanya, dan tentu saja ingin menarik lebih banyak turis. Mungkin kerja sama yang dilakukan adalah melalui paket wisata," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani di Jakarta, Selasa.

Shinta menjelaskan bahwa kedua negara bisa bekerja sama untuk menarik para turis dari negara-negara ketiga seperti Amerika, Eropa dan negara-negara lainnya lewat paket wisata untuk Filipina dan Indonesia yang bisa sama-sama dikerjasamakan oleh kedua negara.

"Dari sisi turis tentu saja kita mau menarik lebih banyak turis dari Filipina, tapi kita juga bersama-sama berupaya menarik turis dari negara-negara ketiga lewat paket wisata bersama kedua negara," katanya.

Wakil Ketua Kadin tersebut menilai bahwa sektor pariwisata merupakan sektor paling berpeluang karena kedua negara baik Indonesia maupun Filipina sama-sama mau mengedepankan sektor pariwisata.

"Yang paling berpeluang adalah pariwisata karena kedua negara sama-sama mau mengedepankan sektor pariwisata, baik itu Filipina maupun Indonesia. Daripada kita berkompetisi, lebih baik kita melihat peluang apa yang bisa dikolaborasikan karena pemain pariwisata dari kedua negara sangat besar," ujar Shinta.

Terkait peluang yang bisa diambil oleh Indonesia dari sektor pariwisata tersebut, Shinta melihat Indonesia bisa memanfaatkan peluang tersebut dari sisi investasinya dengan terdapat perusahaan-perusahaan Filipina yang mau berinvestasi lebih jauh di sektor pariwisata.

"Kalau saya melihat di investasinya, jadi saya merasa ada perusahaan-perusahaan Filipina yang mau berinvestasi lebih jauh di sektor pariwisata. Ini yang bisa kita ambil," katanya.

Sebelumnya Ketua Philippine Business Club Indonesia Antonio Capati meyakini sektor pariwisata menjadi peluang bisnis yang bisa dikolaborasikan oleh pengusaha Indonesia dan Filipina.

Menurut dia kolaborasi juga bisa meningkatkan sektor pariwisata yang menjadi peluang bagi bisnis perhotelan di sektor tersebut.

Baca juga: Filipina berharap kunjungan wisatawan Indonesia meningkat
Baca juga: Sektor pariwisata Indonesia-Filipina berpeluang untuk dikolaborasikan
Baca juga: Pertemuan ekonomi Indonesia-Filipina diharapkan tingkatkan bisnis

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar