MK gelar sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 pagi ini

id Sidang MK, sengketa pilpres,KPU

Polisi anti huru-hara membubarkan diri seusai mengamankan aksi massa yang mengawal sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan sebanyak 12 ribu personel TNI-Polri ditempatkan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi dan titik-titik rawan lainnya untuk pengamanan selama masa persidangan PHPU. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Jakarta (ANTARA) - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang lanjutan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk pemilihan presiden 2019 pada Selasa yang dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB dengan agenda pembacaan jawaban dari pihak termohon.

Menurut laman resmi MK RI, sidang diagendakan untuk mendengarkan jawaban dan pengesahan alat bukti dari pihak termohon yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas gugatan yang disampaikan oleh tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) pada sidang perdana yang berlangsung Jumat (14/6).

Selain KPU, pihak yang terkait langsung dalam sengketa Pilpres yaitu tim kuasa hukum Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Bawaslu pun akan menyampaikan jawabannya pada sidang lanjutan ini.

Sebelumnya, sidang lanjutan itu awalnya dijadwalkan pada Senin (17/6). Namun MK memutuskan jadwal sidang menjadi Selasa setelah KPU menyampaikan keberatannya karena adanya masalah teknis.

Sementara itu, KPU menyatakan kesiapannya untuk mengikuti sidang lanjutan dan memberikan jawaban atas gugatan yang disampaikan tim kuasa hukum BPN.

“Besok (Selasa) dijadwalkan sidang pada pukul sembilan pagi. KPU akan menyerahkan jawaban tertulis besok pagi sebelum sidang sekitar jam 8.30 WIB,” kata Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari di Jakarta, Senin (17/6).

Sebelumnya saat sidang perdana Jumat(14/6), majelis hakim MK telah melaksanakan agenda untuk mendengarkan pokok permohonan pemohon yaitu kubu calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Sandiaga, yang diwakili tim hukumnya.

Baca juga: KPU serahkan dokumen jawaban sengketa Pilpres Selasa pagi

Baca juga: KPU menolak materi gugatan Prabowo-Sandi

Baca juga: MK: KPU tidak bisa bebas langgar norma


 


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar