Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 126/KC bersama warga menggelar karya bakti membersihkan lingkungan Kampung Wonorejo, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG dari Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Senin, mengatakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat ini digelar sebagai bentuk kepedulian prajurit TNI akan kebersihan lingkungan sekitar kampung.

"Sekaligus untuk meningkatkan hubungan interaksi dan kerja sama yang baik dengan masyarakat," katanya.

Menurut dia, sasaran karya bakti pembersihan lingkungan kampung itu meliputi pembersihan rumah ibadah seperti masjid dan gereja, lalu sekolah, lapangan dan fasilitas umum dalam menunjang aktifitas masyarakat sehari-hari.

"Karya bakti pembersihan fasilitas umum dilaksanakan sepanjang jalan menuju Kampung Wonorejo dan lapangan bola yang telah ditumbuhi rumput liar hingga memenuhi badan jalan," katanya.

Dalam kegiatan itu, kata dia, sebanyak 10 orang personel Satgas Yonif 126/KC yang dipimpin Serda Rio Simarmata dengan membawa cangkul, mesin babat rumput dan sapu langsung turun ke lokasi bersama masyarakat untuk membersihkan rumput di sepanjang jalan termasuk membabat rumput yang ada di lapangan bola.

"Kegiatan karya bakti ini terselenggara dengan baik karena personel Satgas Yonif 126/KC dengan masyarakat saling bergotong royong membantu membersihkan, membabat rumput dan membuang rumput," katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan selain melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC harus peduli dengan lingkungan di wilayah sekitarnya serta harus menjadi pelopor terhadap kebersihan di sekitar kampung wilayah perbatasan.

"Jajaran Satgas Yonif 126/KC harus selalu rutin melaksanakan karya bakti pembersihan dengan mengajak masyarakat agar terbentuk rasa kepedulian untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi," kata Mulyo.

Sementara itu, Kepala Kampung Wonorejo Matheus Wey mengapresiasi peran aktif personel TNI tersebut dalam karya bakti tersebut dan mengungkapkan terima kasih atas kontribusi Satgas Yonif 126/KC yang telah mempelopori kegiatan pembersihan dan menjadi contoh kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Selaku kepala kampung saya berterima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI yang memimpin masyarakat untuk pembersihan di kampung ini," katanya.*


Baca juga: Satgas Yonif 126/KC temukan ladang ganja di perbatasan RI-PNG

Baca juga: Prajurit Yonif 126/KC amankan pengendara motor pembawa ganja

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019