Pesisir Selatan (ANTARA) - Pemkab Solok Selatan Sumatera Barat meminta masyarakat bersabar menunggu realisasi pembangunan jalan nasional ruas Surian - Kerinci, Provinsi Jambi, karena pengerjaannya dilakukan hingga akhir Desember 2019.

"Ruas jalan nasional yang melewati Solok Selatan (Surian - Batas Jambi) sepanjang 99 kilometer ini sedang dikerjakan dan akan terus dilanjutkan pekerjaannya hingga akhir tahun 2019 ini. Kami minta masyarakat bersabar menunggu hasilnya," kata Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi di Padang Aro, Minggu.

Dia mengakui ada keluhan dari masyarakat tentang kondisi jalan nasional menuju dan melewati Solok Selatan yang tidak nyaman dilewati karena ada lubang dan perbaikan di beberapa titik.

"Karena pengerjaannya masih dilakukan, masyarakat diminta bersabar hingga Desember 2019," ujarnya.

Proses pengerjaan jalan yang menghubungkan Sumbar - Jambi akan dilaksanakan hingga 31 Desember 2019 dengan biaya sebesar Rp162 miliar lebih melalui APBN.

"Jadi kontrak pengerjaan jalan Surian - Batas Jambi ini dilakukan dengan tahun jamak, 2018 dan 2019 dan pekerjaannya telah dimulai pada Oktober 2018 dan berakhir Desember 2019," ujarnya.

Ia berharap agar pengerjaan jalan Surian hingga batas Jambi yang melewati Solok Selatan berjalan lancar dan didukung oleh masyarakat.

Masyarakat diharapkan mendukung dan juga mengawasi pembangunan jalan ini serta bersabar dalam proses pengerjaannya.

Pekerjaan jalan tersebut dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan alokasi anggaran dana yang disediakan APBN. "Jalan ini berubah status menjadi jalan nasional pada 2015 dan baru bisa diusulkan perbaikannya pada tahun 2016 melalui APBN 2017.*


Baca juga: Solok Selatan siagakan 108 petugas kesehatan selama libur Lebaran

Baca juga: Polres Solok Selatan terjunkan 280 personel amankan Lebaran


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019