Polres Sukabumi perkuat pengamanan di pusat keramaian

id Polres Sukabumi Kota ,Libur Lebaran ,Idul Fitri ,Objek Wisata,Pusat Keramaian

Bundaran Tugu Adipura yang merupakan pusat keramaian dan jalur penghubung dengan pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. (ANTARA/Aditya Rohman).

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota memperkuat pengamanan di pusat-pusat keramaian Sukabumi, Jawa Barat, baik perbelanjaan, kuliner, dan tempat wisata pada perayaan Idul Fitri.

"Pada hari H Idul Fitri 1440 H belum terjadi keramaian hanya di beberapa titik saja seperti tempat pamakaman umum (TPU), dari pantauan kami sejauh ini kondisi arus lalu lintas dan keramaian masih normal dan lengang," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro di Sukabumi, Rabu.

Biasanya pada hari H dan setelah Lebaran,
masyarakat mulai mendatangi atau mengunjungi tempat-tempat keramaian.

Pihaknya juga sudah menggelar keberadaan anggota kepolisian di tempat wisata utama baik itu di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Destinasi wisata seperti Selabintana, Pondok Halimun, Cikundul termasuk di arah Kadudampit Situgunung menjadi tren tempat wisata.

Dalam pengamanan ini pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pengamanan agar wisatawan nyaman.

Menurutnya, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan dan mengawasi situasi di lokasi wisata khususnya objek wisata Situgunung yang dipastikan ada lonjakan kunjungan saat libur Idul Fitri ini.

Antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan tersebut, pihaknya juga mencari kantong-kantong parkir bagi para pengunjung dan memastikan sarana keamanan baik CCTV dan lainnya itu harus ada.

"Keberadaan sarana keamanan wajib dimiliki di setiap objek wisata agar bisa dimonitor oleh masyarakat, pengunjung maupun petugas. Dan kami pun ingin memastikan tidak ada gesekan atau desakan pengunjung di lokasi wisata," tambahnya.

Di sisi lain, Susatyo mengatakan pihaknya juga menempatkan personelnya di lokasi dan jalur menuju objek wisata untuk antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun aksi kriminalitas yang korbannya adanya wisatawan.

Baca juga: Rekayasa arus lalu lintas berhasil urai kepadatan kendaraan
Baca juga: Penjagaan di markas kepolisian Sukabumi diperketat

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar