Skema tersebut memang sudah disiapkan Polrestabes Bandung. Bahkan sebelumnya skema ini akan diterapkan pada pertengahan bulan Ramadhan lalu namun belum terlaksana,
Bandung (ANTARA) - Pihak Kepolisian akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di Kota Bandung saat libur lebaran 2019 yang dikhususkan untuk jalur menuju area wisata Lembang.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza mengatakan pada H+1 dan H+2 lebaran, diprediksi kemacetan akan terjadi pada jalur menuju area wisata di Bandung Utara. Pihaknya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas menuju Lembang salah satunya di kawasan Ledeng.

"Untuk antisipasi jalur ke arah Lembang, biasanya kan macet di Farm House. Nanti dari terminal Ledeng, kalau terjadi kepadatan kita arahkan kendaraan belok ke kiri ke arah Sersan Bajuri, nanti tembus ke pertigaan Beatrix Lembang," ujarnya di Bandung, Senin.

Selain itu, tambah dia pihaknya juga telah menyiapkan skema lalu lintas menuju Lembang di daerah Cipaganti. Misalnya, jalur Cipaganti yang biasanya satu jalur ke atas, akan diubah menjadi satu jalur ke arah bawah.

Sedangkan di Jalan Sukajadi yang biasanya dua arah, sebutnya akan direkayasa menjadi satu arah ke arah atas.

Dia mengatakan skema tersebut memang sudah disiapkan Polrestabes Bandung. Bahkan sebelumnya skema ini akan diterapkan pada pertengahan bulan Ramadhan lalu namun belum terlaksana.

Namun, menurutnya rencana pemberlakuan skema tersebut masih bersifat tentatif dengan mempertimbangkan kondisi arus lalu lintas pada hari H lebaran.

"Kalau rekayasa ini seperti kemarin sempat kita konsep dan sudah ditetapkan juga, jadi rekayasa kawasan. Tapi rekayasa ini masih tentatif, kemungkinan nanti (diterapkan) kalau terjadi kepadatan di hari H atau H+1," jelas Agung.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019