Angkasa Pura I-Kementerian KLHK hijaukan Bandara YIA

id AP I,KLHK,Yogyakarta International Airport

Penanaman pohon di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan kualitas lingkungan. (Dokumentasi PT Angkasa Pura I)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sepakat melakukan penghijauan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan kualitas lingkungan.

Kesepakatan ditandai dengan penandatangan MoU oleh Direktur Operasi Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose dengan Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung K I.B. Putera Parthama di Kantor Satuan Kerja Proyek Pengembangan Bandara Internasional Yogyakarta (PPBIY), Kulon Progo.

"Angkasa Pura I berterima kasih kepada Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian LHK atas dukungannya dalam upaya penghijauan lingkungan Bandara Internasional Yogyakarta. Selain untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan kualitas lingkungan, penghijauan ini juga berguna membantu menahan abrasi dan pengurangan dampak gelombang jika terjadi tsunami,” kata Wendo Asrul Rose dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ruang lingkup nota kesepahaman ini adalah kerja sama penanaman dan pemeliharaan pohon dalam rangka penghijauan lingkungan YIA. Kerja sama tersebut berupa penanaman dan pemeliharaan pohon seluas sekitar dua hektar oleh Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung di dalam dan luar lingkungan kerja YIA.

Angkasa Pura I, lanjut Wendo, memiliki perhatian dan komitmen yang kuat terhadap pelestarian lingkungan hidup dan proses bisnis yang berkelanjutan. Hal itu terutama ditunjukkan melalui salah satu misi perusahaan, yaitu berkontribusi positif terhadap lingkungan hidup.

“Diharapkan dengan dukungan program penghijauan di YIA dari Kementerian LHK ini akan membantu Angkasa Pura I dalam mewujudkan misi lingkungan hidupnya,” kata Wendo.

Sebelumnya, terkait kontribusi dan komitmen pada lingkungan hidup, Angkasa Pura I telah mengikutsertakan salah satu bandaranya, yaitu Bandara Adi Soemarmo Solo, pada program “Airport Excellence (APEX) in Environment”.

Program yang pertama kali digelar di bandara di Asia ini menggandeng Airports Council Internasional (ACI) untuk me-review aspek-aspek pengelolaan lingkungan bandara.

Selain itu, komitmen Angkasa Pura I terhadap lingkungan hidup juga ditunjukkan melalui pendatanganan nota kesepahaman dengan WWF Indonesia terkait konservasi dan edukasi lingkungan hidup dengan berbagai kegiatan dan pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan pariwisata sesuai prinsip pengelolaan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, lebih jauh Angkasa Pura I juga telah menerapkan sistem manajemen yang berbasis lingkungan hidup pada proses bisnisnya.

Baca juga: AP I bagi penerbangan tambahan YIA dan Adisutjipto
Baca juga: Bandara Internasional Yogyakarta diyakini lesatkan sektor pariwisata
 

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar