Pontianak (ANTARA) - Kepolisan Resor Bengkayang, Kalimantan Barat siap melakukan pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriyah/ 2019 yang diawali dengan menggelar apat koordinasi lintas sektoral.

Kapolres Bengkayang, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto di Bengkayang, Rabu, mengatakan rapat koordinasi hari ini bertujuan untuk menyamakan persepsi serta saran dan pendapat demi kelancaraan pelaksanaan perayaan Idul Fitri tahun ini.

"Idul fitri bukan hanya hari besar umat Islam namun merupakan hari besar kita semua karena di Bengkayang keluarga besar yang saling menyayangi dan menghormati," ujarnya.

Ia menyebutkan berdasarkan data yang dihimpun, setiap menjelang dan pascaIdul Fitri diperkirakan akan terjadi gejolak sosial dan ekonomi maupun peningkatan kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas.

"Kepada instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya, kami mengharapkan kerja sama terkoordinasi untuk menginventarisir permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul serta upaya penanganan dan pemecahan masalah sosial dan ekonomi. Sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang merayakan lebaran," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Bengkayang Agustinus Naon mengharapkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten setempat untuk menyiagakan personelnya yang berada di Puskesmas dari Kecamatan Jagoi Babang, hingga Sungai Raya selama operasi berlangsung.

"Siaga kan Puskesmas dan personelnya terutama di jalur-jalur mudik dari Jagoi Babang hingga Sungai Raya selama operasi berlangsung. Kepada masyarakat kita juga meminta jaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing – masing. Bagi pengendara yang mudik dan lainnya terus mengedepankan keselamatan,” katanya.

Pada Operasi Ketupat tahun 2019 kali ini Polres Bengkayang menyiapkan 3 Pos Pengamanan yang terletak di Kecamatan Bengkayang, Kecamatan Ledo dan Kecamatan Sungai Raya. Sedangakan untuk Pos Pelayanan, Polres Bengkayang menempatkan 2 lokasi yakni di Pantai Kura-Kura dan Pantai Samudera Indah.

Pewarta: Dedi
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019