Kami minta aparat keamanan harus tegas kepada siapa pun pihak yang menjadi otak di balik penggerak pelaku-pelaku anarkis itu
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara TKN Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, mendukung langkah aparat dalam memulihkan keamanan di wilayah Jakarta dan meminta bertindak tegas kepada para perusuh dalam aksi 22 Mei.

"Kami minta aparat keamanan harus tegas kepada siapa pun pihak yang menjadi otak di balik penggerak pelaku-pelaku anarkis itu," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu malam.

Ia menyampaikan, pihaknya sangat prihatin dan turut berduka atas peristiwa unjuk rasa yang berakibat adanya korban di Tanah Abang, Jakarta, dini hari kemarin.

"Tentu peristiwa itu tidak kita semua inginkan. Kami percayakan kepada aparat keamanan untuk bekerja secara profesional agar dapat mengendalikan situasi dan menciptakan suasana menjadi kondusif kembali," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa hak setiap warga negara menyampaikan pendapatnya di muka umum. Apalagi aksinya tersebut dilakukan dengan cara-cara yang damai, tertib dan aman. Namun, hal itu harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami menyesalkan kepada pihak-pihak yang mengklaim bahwa aksi-aksinya itu damai tapi dalam kenyataannya justru aksinya berlangsung anarkis, pelemparan batu dan benda tajam, pembakaran dan memprovokasi aparat keamanan. Ini semua harus dihentikan," ucapnya, menegaskan.

Bahkan harus ditelusuri secara tuntas aktor di belakang aksi-aksi perusuh tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, katanya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, jangan terpengaruh dengan berbagai informasi hoaks dan menjaga suasana kondusif di lingkungan masing-masing," tambahnya.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019