Jakarta (ANTARA) - Kunjungan Cawapres 01, KH Ma'ruf Amin kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, untuk bersilaturahmi sekaligus membicarakan hal-hal strategis guna membangun silaturrahmi nasional di antara tokoh-tokoh bangsa.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan hal itu di kediaman Megawati Soekarnoputri, di Menteng, Jakarta, Kamis sore.

Hasto Kristiyanto mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan yang menanyakan perihal agenda pembicaraan pada kunjungan Cawapres 01, KH Ma'ruf Amin, ke kediaman Megawati Soekarnoputri, yang berlangsung tertutup.

Menurut Hasto, silaturahim di antara pemimpin dan tokoh nasional, adalah hal baik. "Pada pertemuan antara Pak Kiai Ma'ruf dan Ibu Megawati, akan membicarakan, hal-hal strategis apa yang akan dijalankan baik oleh parpol pendukung maupun capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf," katanya.

Hasto menambahkan, Jokowi, Kiai Ma'ruf, Megawati Soekarnoputri, maupun para ketua umum parpol anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK), akan mengedepankan langkah-langkah strategis membangun silaturahim nasional di antara tokoh-tokoh bangsa.

Menurut dia, pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik, dan tingkat partisipasi pemilih sangat tinggi yakni 80,4 persen.

"Dari berbagai survei yang dilakukan, rakyat menyatakan puas telah menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin bangsa dan negara," katanya.

Kemudian, berdasarkan hasil "quick count" atau hitung cepat yang dilakukan lembaga survei kredibel, menurut Hasto, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, memenangkan pemilu presiden 2019, dengan perolehan suara sekitar 55 persen.

Menurut dia, hal yang menggembirakan juga, kemenangan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf, juga sejalan dengan kemenangan PDI Perjuangan pada pemilu legislatif 2019.

"Kini setelah selesai pemungutan suara pemilu 2019, marilah kita ciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat," katanya.


Baca juga: Megawati terima kunjungan Ma'ruf Amin

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019