Jakarta (ANTARA) - Sekitar 100 anggota pasukan "oranye" atau Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Gambir bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat membersihkan sampah yang tersisa usai perayaan Hari Buruh Sedunia di Jakarta, Rabu.

Berbekal sapu lidi dan serokan, ratusan orang berseragam oranye itu disebar pada beberapa ruas antara lain Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Menurut Aswan, pengawas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, pasukan oranye dikerahkan terlebih dahulu ke jalan agar massa segera meninggalkan lokasi aksi.

"Instruksinya dari polisi, pasukan oranye turun dulu, biar massa bubar," kata Aswan saat ditemui di depan Patung Kuda.

Selain membersihkan badan dan tepian jalan, Aswan mengatakan, pasukan oranye juga dikerahkan untuk membersihkan taman, fasilitas umum seperti jembatan penyeberangan dari sampah.

"Kita sebar pasukannya di tiap titik ada empat orang," tambahnya.

Sampah yang dibersihkan petugas mencakup bungkus rokok, puntung rokok, sampah plastik, botol minum, kaleng minum kemasan, dan kertas.

Massa mulai berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Sedunia di Patung Kuda sejak pukul 10.00 WIB. Mereka membubarkan diri secara individu dan berkelompok tepat pukul 17.30 WIB.

Pewarta: Genta Tenri, Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019