Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan partainya setuju dilakukannya evaluasi total sistem Pemilu, khususnya pelaksanaan Pemilu 2019 yang berjalan serentak karena ditemukan banyak permasalahan.

"Jadi kita harus lakukan evaluasi total. Nanti kita akan buat formatnya agar tetap efisien meskipun dilakukan dalam tahapan yang berbeda," kata Riza Patria di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis malam.

Dia mengatakan sebenarnya dasar pemikiran Pileg dan Pilpres dibuat serentak memilik maksud yang baik yaitu menghemat waktu, energi, biaya, dan mengurangi kegaduhan.

Namun menurut dia, pada kenyataannya Pemilu malah tambah gaduh, biaya tidak murah bahkan menimbulkan korban jiwa penyelenggara Pemilu karena beban kerja yang berat.

Dia mengakui banyak masukan dan keinginan pimpinan partai politik, MPR, DPR agar ke depan Pileg dan Pilpres tidak dibuat serentak.

"Nanti kita akan lakukan evaluasi di Komisi II DPR bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu, agar Pileg dan Pilpres bisa dipisahkan," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019