Jakarta (ANTARA) - Livi Zheng, sutradara Indonesia di Amerika Serikat, yang sejak Januari 2019 lalu juga dikontrak oleh Walt Disney Pictures, memfilmkan penghitungan suara di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (17/4/2019) waktu setempat.

“Film ini saya buat atas permintaan Konsul Jendreal RI di Los Angeles, Saud Purwanto Krisnawan, karena menurut beliau ini momen bersejarah dan karenanya saya senang mendapat kepercayaan untuk melakukan ‘shooting’ (proses pemungutan suara di Los Angeles,” kata Livi dari Los Angeles melalui pesan singkat kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Film yang disutradari oleh Livi sendiri itu dibantu oleh anggota tim kerja (kru) dengan tiga kamera,” kata sutradara Indonesia kelahiran Malang itu, seraya menambahkan, film berdurasi tiga menit itu juga mewawancarai beberapa narasumber, termasuk Konjen RI di Los Angeles, Saud Purwanto, dan Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Los Angeles, Metta Surya.

Menurut Livi, film tersebut menggambarkan penghitungan suara berdasarkan surat suara yang masuk, baik melalui pos maupun penghitungan suara di Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Los Angeles pada 13 April.

“Dalam wawancara terkait pembuatan film tersebut Metta Surya mengatakan surat suara melalui pos sudah kirim sejak 13 Maret lalu dan diterima pada 17 April saat perhitungan suara serentak di Indonesia dan di luar negeri,” kata Livi yang berharap film tersebut akan ditayangkan oleh stasiun-stasiun televisi dan media dalam jaringan (online).

Livi lebih lanjut mengatakan, Konsul Jenderal KJRI Los Angeles, Saud Purwanto Krisnawan sangat senang karena Pemilu 2019 ini berjalan sangat lancar termasuk ketertiban saat pencoblosan pada Sabtu (13/4/2019) lalu dan penghitungannya pada Rabu (17/4).

“Kami membuat bazaar karena ini merupakan pesta demokrasi dan kita harapkan masyarakat senang. Ada bazaar, ada musik. Selain itu Ibu-ibu Dharma Wanita juga membuat Kids Corner,” kata Saud Purwanto Krisnawan, seperti dikutip oleh Livi.

PPLN Los Angeles sebelumnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPT LN) Pemilu 2019 sebanyak 12.984 pemilih, dan 12.382 orang di antaranya terdaftar dan melakukan pemilihan lewat pos, sementara sisanya, melakukan pencoblosan langsung di TPS yang disiapkan di KJRI Los Angeles.

Jumlah 12.984 pemilih di DPT LA, tercatat sebagai DPT terbesar di seluruh wilayah pemilihan Amerika Serikat.

Wilayah kerja KJRI Los Angeles sendiri mencakup enam Negara Bagian di AS, yang meliputi Arizona, Utah, Nevada Selatan, California Selatan serta Daerah Kepulauan Pasifik. (*)



Pewarta: Bambang Purwanto
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019