Palu (ANTARA) - Gempa Banggai yang baru terjadi dan Gempa Palu pada September 2018, terjadi pada hari Jumat, dengan waktu kejadian berdekatan yaitu usai adzan magrib dan menjelang shalat isya.

Itulah dua bencana yang melanda Sulawesi Tengah itu terjadi dengan selang waktu enam bulan lebih.

Gempa bumi bermagnitudo 6,9 pada skala richter, Jumat (12/4/2019) mengguncang Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, pukul 19.40 Wita ketika warga muslim sedang menantikan waktu shalat isya.

Sedangkan gempa bumi di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, terjadi Jumat (28/9/2018) saat warga baru saja mendengarkan azan maghrib berkumandang di masjid-masjid.

Parahnya, gempa Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong ini diikuti tsunami dan likuifaksi sehingga dampaknya sangat masif menghantam sarana dan prasarana umum dan milik masyarakat serta menewaskan hampir 5.000 orang dengan kerugian material ditaksir tidak kurang dari Rp40 triliun.

Sedangkan gempa Banggai Kepulauan yang oleh BMKG diprediksi menimbulkan tsunami tetapi ternyata tidak terjadi, dan hingga pukul 21.30 Wita, tidak ada laporan adanya korban atau kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Memang sempat beredar khabar-khabar yang tidak bisa dikonfirmasikan bahwa ada pulau di Kabupaten Banggai Laut yang tenggelam karena terletak persis di titik pusat gempa.

"Ya, masyarakat memang panik dan berlarian menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang tinggi, tetapi situasi aman-aman saja. Tidak ada tanda-tanda bakal terjadi tsunami di pantai," kata seorang sumber kepolisian.

Seorang warga yang belum diketahui identitasnya mengirim vidio dari tepi pantai di Kota Luwuk pada pukul 21.15 Wita dan menyebutkan bahwa permukaan air di pantai normal-normal saja.

"Ndak usah panik, semua aman-aman saja," ujarnya.

Puluhan ribu warga di tiga kabupaten di Banggai sampai saat ini masih bertahan di tempat-tempat ketinggian untuk menanti situasi benar-benar aman baru kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Kota Palu Basrano mengatakan dari pantauan Basarnas dan informaai resmi yang mereka terima, situasi di Kabupaten Bangai Kepulauan, Banggai dan Morowali hingga kini masih aman, dan warga telah diungsikan di wilayah pegunungan.

"Situasi di Kabupaten Morowali terjadi pemadaman listrik, BPBD setempat telah mendirikan tenda darurat," ungkap Basrano.

Dia menghimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik.

Hingga kini belu ada informasi resmi mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa tersebut.

Baca juga: BMKG: Gelombang air laut masih normal pascagempa Banggai
Baca juga: BMKG Sulut imbau warga tidak panik pascagempa Banggai Kepulauan
Baca juga: Kilang LNG Donggi Senoro di Batui aman pascagempa

 

Pewarta: Rolex Malaha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019