Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengajak pemilih pemula atau kaum milenial/generasi z untuk melakukan riset terkait penentuan calon pemimpin negara ini yang berlaga di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

"Para pemilih baru generasi z lakukan riset dengan baik melalui melalui. Rekam jejak pemimpin, silakan dipilih caleg yang akan mewakili suara kita tolong diriset juga," kata Gubernur Emil seusai acara Forum Pimpinan Redaksi media massa arus utama se-Jabar di Bandung, Jumat.

Menurut dia, rekam jejak pemimpin yang akan dipilih di Pilpres dan Pileg 2019 harus benar-benar dipastikan oleh para pemilih Generasi Z, terlebih jumlah pemilih pemula cukup banyak.

"Rekam jejaknya jelas, visi misinya jelas. Sehingga waktu menyampaikan di Pemilu kita memilih rombongan manusia terbaik di Indonesia untuk mengatur hidup kita lima tahun ke depan lebih baik dan lebih berkualitas," kata Emil.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Emil juga mengajak media massa mulai dari cetak, radio, televisi hingga online untuk bersama-sama memberitakan agar seluruh warga negara menggunakan hak pilihnya pada Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019.

"Waktu tinggal sekian hari, saya harap media juga tolong jangan golput. Karena kalau anda tak menggunakan hak suaranya maka penyesalan lima tahun kualitas hidup kita ditentukan oleh ketidakacuhan kita terhadap pemungutan suara ini," katanya.

Gubernur Emil optimistis pelaksanaan Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi di Jawa Barat bisa berlangsung dengan aman, lancar dan damai.

"Jelang pemilu semoga Jabar tentram tenang, hindari, kurangi pemberitaan yang bisa menimbulkan multipersepsi dan keresahan karena kita harus jaga betul transisi kekuasaan ini yang damai aman sebagai syarat kita melangsungkan pembangunan," kata dia.***2***
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019