Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memuji keputusan Centrist Democrat International (CDI) yang menerima usulan resolusi dari PKB bahwa persaudaraan kemanusiaan adalah landasan bagi lahirnya peradaban dunia.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, mengatakan hal itu kepada pers, di kantor PBNU, Jakarta, Kamis. Pada kesempatan tersebut, Muhaimin didampingi oleh Ketua Umum PBNU KH Said Agil, dan Chatib Am PBNU Yahya Cholil Staquf yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Menurut Muhaimin, usulan resolusi dari PKB tersebut batang tubuhnya memuat dari hasil Musyawarah Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Kota Banjar, Jawa Barat, pada 27 Februari hingga 1 Maret 2019.

Dalam Resolusi itu juga memuat, dukungan terhadap piagam persaudaraan kemanusiaan yang ditandatangani bersama oleh Grand Syeikh Al Azhar Ahmad Ath-Thayyeb dan Paus Franciskus di Abu Dhabi pada 4 Februari 2019.

Chatib Am PBNU, Yahya Staquf menambahkan, CDI adalah organisasi internasional yang beranggotakan partai-partai politik berhaluan demokrasi. CDI memiliki anggota 151 parpol dari 70 negara di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

CDI melalui Konferensi Komite Eksekutif, di Brussel, Belgia pada Rabu (10/4) memutuskan menerima secara aklamasi usulan resolusi dari PKB.

Resolusi itu menyatakan CDI sebagai berikut;

Pertama, Mendukung prinsip-prinsip dan aspirasi-aspirasi universal yang diartikulasikan di dalam hasil Munas Alim Ulama NU, Piagam Persaudaraan Kemanusiaan, dan dokumen-dokumen Deklarasi Internasional yang telah diterbitkan di lingkungan NU.

Kedua; CDI menghargai setinggi-tingginya langkah-langkah Bagikan, Al Azhar dan NU dalam menerbitkan dokumen-dokumen berikut.

Ketiga, Mendesak partai-partai anggota CDI untuk mendorong agar dokumen-dokumen tersebut dipelajari dan disebarluaskan kepada pemerintah masing-masing, anggota-anggota partai CDI dan masyarakat pada umumnya.

Keempat, Meyakini bahwa studi dan diseminasi dari dokumen+dokumen tersebut, termasuk akan membantu menanggulangi kecurigaan etnik dan agama, diskriminasi, kebencian dan kekerasan.

Dengan demikian, menjadi landasan dalam mengawal lahirnya suatu peradaban dunia yang didasarkan atas penghargaan terhadap kesetaraan tas hak dan martabat bagi seluruh umat manusia.

Menurut Muhaimin, dengan diterimanya resolusi usulan PKB secara resmi oleh CDI, maka NU dan PKB telah mendapatkan pengakuan, penghargaan, dan kedudukan definitif yang terhormat dalam kancah peraturan politik dunia.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019