Wagub minta pemberian Perhutanan Sosial tepat sasaran

id wagub sumsel, hutan

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 Herman Deru (kiri) dan Mawardi Yahya di Jakarta, Senin (1/10/18). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya meminta dalam pemberian izin Perhutanan Sosial harus tepat sasaran karena itu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Jangan sampai Perhutanan Sosial diberikan kepada masyarakat yang tidak layak sehingga harus tepat sasaran, kata Wagub di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, Perhutanan Sosial salah satu usaha untuk melestarikan hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan.

Memang, lanjut Wagub, selama ini masyarakat tidak diberi akses legal dalam pengelolaan hutan tetapi dengan adanya Perhutanan Sosial maka masyarakat sekitar hutan dapat memanfaatkan lahan itu secara resmi.

"Dahulu tidak diberikan akses legal oleh pemerintah dan sekarang telah diberikan melalui Perhutanan Sosial," kata Wagub.

Wagub juga berterimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mendukung program dan melaksanakan kebijakan perhimpunan sosial dengan menerbitkan peraturan perundang-undangan terkait.

Selain itu juga melakukan pengawalan dalam bentuk fasilitasi banyak sekali kegiatan perhutanan sosial mulai dari penyiapan kawasan perhutanan sosial, penanganan konflik, pembinaan usaha perhutanan sosial.

Wagub juga minta pemilik Perhutanan Sosial jangan dengan setelah mendapat status nantinya lahan tersebut diperjualbelikan.

Perhutanan Sosial itu bertujuan untuk membantu masyarakat kecil sehingga penggunaannya harus tetap sasaran.

Oleh karena itu manfaatkan lahan Perhutanan Sosial dengan sebaik - baiknya sehingga masyarakat semakin sejahtera, tambah dia.***1***

 

Pewarta : Ujang Idrus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar