Pelaksanaan UNBK SMA di Tulungagung sempat terkendala koneksi internet

id UNBK, ujian nasional berbasis komputer,sma tulungagung

Sinkronisasi Data UNBK. SMK Proctor sedang mengunduh data peserta dan naskah ujian nasional berbasis komputer tingkat SMK di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (31/3). Sinkronisasi induk peserta dan naskah UNBK mulai dilakukan sejak tiga hari sebelum hari 'H' untuk menghindari pambajakan (hacking) sistem daring, sehingga pelaksanaan UNBK tingkat SMK yang dijadwalkan pada 3-6 April berjalan lancar. (Antara Jatim/Destyan Sujarwoko/zk/17

Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sempat mengalami gangguan akibat koneksi internet terputus sehingga pelaksanaan ujian molor selama beberapa saat.

"Memang sempat ada gangguan internet di salah satu sekolah penyelenggara. Tapi bisa segera diatasi dan ujian tetap berlanjut," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Tulungagung, Subagyo, Senin.

Ia menyatakan, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

Dari 25 lembaga sekolah (SMA) penyelenggaran UNBK, hanya satu sekolah yang dilaporkan sempat terkendala akibat koneksi internet tiba-tiba terputus.

Kata Subagyo, petugas bertindak cekatan mengatasi Masalah tersebut sehingga kurang dari setengah jam UNBK bisa kembali dilanjutkan.

"Hanya sebentar dan tidak sampai mempengaruhi keseluruhan pelaksanaan," ujarnya.

UNBK untuk jenjang SMA ini sesuai jadwal akan diselenggarakan selama empat hari, dan diikuti 4.636 siswa yang tersebar di 27 sekolah, negeri maupun swasta.

Ujian hari pertama (Senin, 1/4) digelar untuk materi mata ujian Bahasa Indonesia, dilanjutkan hari kedua (Selasa, 2/4) dengan mata ujian Matematika.

"Dan karena Rabu (3/4) besok libur, ujian akan dilanjutkan lagi hari Kamis (4/4) untuk mata ujian Bahasa Inggris dan UNBK hari terakhir dilakukan Senin (8/4) untuk mata ujian jurusan yang diujikan. Jadwal ini berlaku menyeluruh di semua sekolah penyelenggara UNBK, sesuai arahan pusat (Kementerian Pendidikan)," katanya.

Subagyo menyatakan agenda ujian nasional untuk jenjang SMA yang ada di bawah pengawasannya, yakni di bawah otoritas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Tulungagung, saat ini masih menunggu laporan dari masing-masing sekolah penyelenggara.

"Nanti jika semua sudah malaporkan kita sampaikan informasinya," kata Subagyo.  

Baca juga: UN di sejumlah sekolah Jakarta berjalan lancar
Baca juga: Kemendikbud sebut hasil UN digunakan untuk pemetaan
 

Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar