Ini bisa menjawab orang-orang yang bertanya apa itu NasDem. Kita bisa mengawali gerakan perubahan restorasi negri ini melalui 1.000 lorong NasDem yang ada di Makassar,
Makassar (ANTARA) -
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh blusukan ke lorong tempat pemukiman warga di Jalan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan untuk mendeklarasikan 1.000 lorong NasDem.



"Ini momentum luar biasa, suatu kehormatan bagi saya dan NasDem untuk hadir di sini menyaksikan keberadaan 1.000 dari 6.000 lorong di Kota Makassar menjadi lorong NasDem," kata Paloh di Makassar, Sabtu.


Dalam blusukan itu, Paloh didampingi Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto dan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. 


Kota Makassar selaku kota metropolitan memiliki total 6.000 lorong yang dijadikan tempat bermukim warga. 

Dalam kunjungannya ke lorong Biring Romang, Paloh mengatakan, keberadaan 1.000 lorong NasDem tersebut bisa menjadi jawaban bagi orang yang belum mengetahui NasDem. 

Lorong NasDem dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang identitas Partai NasDem di Makassar.



"Ini bisa menjawab orang-orang yang bertanya apa itu NasDem. Kita bisa mengawali gerakan perubahan restorasi negeri ini melalui 1.000 lorong NasDem yang ada di Makassar," paparnya.



Paloh juga mengingatkan, setiap warga yang tinggal di lorong-lorong yang telah mengindentifikasikan lorongnya sebagai lorong NasDem harus mampu senantiasa menjaga kebersihan, keindahan, dan sifat ramah tamah antarwarga yang tinggal di lorong yang sama.



"Itulah esensi gerakan perubahan. Ada tegur sapa, ada penghormatan ke yang lebih tua, kasih sayang ke yang lebih muda. Saya ingatkan kepada seluruh warga bahwasanya kekuatan solidaritas dan kekuatan ukuwah islamiah harus lebih hebat di lorong NasDem," paparnya.



Paloh juga berpesan agar warga lorong NasDem selalu menghormati perbedaan termasuk perbedaan pilihan dalam Pemilu 2019. 

Dirinya tidak ingin kerukunan antarsesama warga berkurang karena hanya masalah perbedaan pandangan dan pilihan dalam mengikuti Pemilu.



Dia berpesan agar warga lorong NasDem bisa memberikan sikap sportif dan keteladanan, sehingga tidak terjadi kericuhan saat Pemilu.



"Kita tidak ingin Pemilu membuat persaudaraan ke-kita-an menjadi lemah. Nasdem ingin mengakal seluruh masyrakat dari seluruh partai peserta politik Pemilu ialah untuk menjaga semangat ke-kita-an antarbangsa," ujarya.



Menurut dia, tidak ada gunanya Pemilu jika hanya menyebabkan perpecahan. Ketua Umum NasDem juga menyampaikan ucapan terima kasihnya pada inisiator lorong Nasdem di Makassar.***2***

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Adha Nadjemuddin

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2019