Presiden Dijadwalkan Resmikan Pengoperasian MRT Jakarta

id Jokowi peresmian mrt

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kiri) Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar (kanan), Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Ketua DPRD DKI Prasetyo (kedua kanan) menandatangani prasasti saat meresmikan MRT Jakarta fase I di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta Fase I Bundaran HI - Lebak Bulus sepanjang 16 kilometer resmi beroperasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pengoperasian Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu pagi.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk acara itu, antara lain dengan adanya dua panggung di sebelah timur Bundaran HI.

Satu panggung digunakan untuk peresmian oleh Presiden Jokowi, dan telah tersedia podium khusus kepresidenan.

Sementara satu panggung lagi untuk menampilkan sejumlah pentas seni seperti penampilan sejumlah artis penyanyi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, dalam konferensi persnya di Kantor Pusat PT MRT Jakarta di Wisma Nusantara pada Jumat (22/3), menjelaskan peresmian MRT Jakarta dilakukan bersamaan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada Minggu, 24 Maret 2019 yang dipusatkan di area sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB, peresmian akan diisi dengan beragam acara hiburan musik, tari tradisional, dan pameran sejarah pembangunan MRT Jakarta.

Presiden Jokowi akan hadir langsung meresmikan moda transportasi kereta bawah tanah pertama di Indonesia tersebut.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan menaiki kereta dari Stasiun Istora menuju Stasiun Bundaran Hotel Indonesia lalu berjalan menuju panggung utama yang tersedia di sekitar Bundaran HI.

Selain meresmikan beroperasi MRT Jakarta Fase I, Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan pembangunan MRT Jakarta Fase II yang akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Kota, melewati area Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, hingga Kota.

Setelah diresmikan pada 24 Maret 2019, pada tanggal 25 Maret 2019, pengelola akan memulai operasional MRT Jakarta secara gratis selama satu minggu (hingga tanggal 31 Maret 2019), baru pada 1 April 2019, akan dimulai operasional secara komersial.

Video:
 


Pewarta : Agus Salim, Kuntum K Riswan (SDP-19)
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar