Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat telah menetapkan daftar pemilih hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019 tingkat kabupaten daerah setempat dengan total jumlah pemilih sebanyak 179. 846 jiwa untuk kabupaten yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia tersebut.
 
" Daftar pemilih tambahan Kapuas Hulu sudah kami tetapkan sebanyak 179.846 jiwa," kata Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kapuas Hulu, Fransiskus Nalik ditemui Antara, usai rapat pleno di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.
 
Dijelaskan Nalik, jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 178.935 jiwa, namun pada saat penetapan DPTb pertama bertambah 11 pemilih menjadi 178.946 pemilih.
 
Kemudian pada penetapan DPTb kedua yaitu pemilih masuk berjumlah 2.035 pemilih dan pindah memilih keluar berjumlah 1.135 pemilih, sehingga total daftar pemilih tetap ditambah DPTb saat ini sebanyak 179.846 pemilih di 933 tempat pemungutan suara pada 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.
 
Ia mengatakan untuk perbaikan daftar pemilih tetap masih terus berjalan terutama yang berkaitan dengan data pemilih yang sudah meninggal dan di bawah umur.
 
" Bagi pemilih yang sudah meninggal akan dicoret dari daftar pemilih tetap dan untuk pemilih dibawah umur telah dilakukan verifikasi faktual," jelas Nalik.
 
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kapuas Hulu, Theodorus Lanting mengatakan terkait daftar pemilih, KPU Kapuas Hulu sudah melakukan berbagai tahapan, termasuk melakukan koordinasi dengan Bawaslu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kapuas Hulu.
 
" Jika kamu lihat data daftar pemilih yang telah ditetapkan itu sudah sesuai dari tingkatan paling bawah hingga ke. tingkat kabupaten," jelas Theodorus.
 
Hanya saja, dirinya berharap agar masyarakat juga turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu, baik mengawal pelaksanaan pemilu hingga menyalurkan hak pilih.
 
" Jadi kami apresiasi dengan kinerja KPU Kapuas Hulu, tahapan demi tahapan sudah dilalui tentu itu juga perlu peranan masyarakat agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan aman dan lancar," pesan Theodorus.***2***
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019