masyarakat Wonosobo berkesempatan menggunakan fasilitas cek kesehatan secara menyeluruh dengan harga yang sangat terjangkau
Wonosobo (ANTARA) - Sebuah organisasi nirlaba Lions Club (LC) Wonosobo Dieng, Jawa Tengah, pada 23-24 Maret 2019 akan menyelengarakan kegiatan sosial "medical check up" (periksa kesehatan) komprehensif dengan biaya terjangkau.

Koordinator acara "Medical Check Up Sadar Sehat", Paulus di Wonosobo, Selasa, mengatakan masyarakat Wonosobo berkesempatan menggunakan fasilitas cek kesehatan secara menyeluruh dengan harga yang sangat terjangkau.

Ia menuturkan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya antisipasi terhadap potensi beragam penyakit risiko tinggi.

Ia menyampaikan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini agar risiko akibat penyakit seperti jantung, ginjal, liver hingga diabetes dapat ditekan.

Menurut dia, biaya yang ditawarkan kepada masyarakat memang sengaja dibuat terjangkau, yaitu tidak sampai Rp300 ribu agar seluruh lapisan mampu mengaksesnya.

"Kalau standar harga medical check Up biasanya di atas Rp700 ribu, bahkan bisa mencapai lebih dari Rp1 juta," katanya.

Ia menyebutkan masyarakat yang memanfaatkan fasilitas tersebut setidaknya ada 17 jenis cek kesehatan yang akan diperoleh dan masih ditambah bonus berupa makan pagi.

Selain cek gula darah lengkap 18 parameter, peserta juga akan dicek urine lengkap, SGOT, SGPT, Alkali Phospate, BUN, Creatinin, asam urat, gula darah, kolesterol, trigliserida, HDL, LDL, HbS Ag untuk Hepatitis B, ECG resting untuk rekam jantung, dan konsultasi dengan dokter tanpa biaya tambahan.

"Melalui medical check up tersebut, setiap peserta akan dapat mengetahui sejauh mana kondisi fungsi organ dalam tubuhnya, seperti fungsi hati, jantung, ginjal, dan kadar kolesterol dalam darahnya," katanya.

Anggota Lions Club Agus Purnomo (60) yang memiliki pengalaman dengan medical check Up membenarkan pentingnya tindakan antisipatif untuk kesehatan tubuh.

Menurut dia, dengan melakukan medical check Up secara berkala, akan lebih mudah diketahui kondisi tubuh yang sebenarnya, sehingga apabila ada organ bermasalah segera dilakukan langkah pengobatan secara lebih dini.

"Kami berharap kondisi tubuh bisa sehat dan selalu bugar bahkan hingga usia lanjut, agar aktivitas harian tidak terganggu, karena itu saya berharap masyarakat Wonosobo memanfaatkan kesempatan langka ini sebaik-baiknya dengan mendaftar medical check up melalui Lulu Bakery Resto," katanya. 
 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019