Mudah-mudahan siang ini dana tersebut bisa segera cair...
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah pada Senin memberikan bantuan dana Rp1 miliar untuk penanganan korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

"Mudah-mudahan siang ini dana tersebut bisa segera cair," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, yang menyampaikan pemberian bantuan tersebut kepada Bupati Jayapura Mathius Awaitaouw disaksikan oleh pemangku kepentingan terkait.

Pemerintah juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Jayapura dan Provinsi Papua untuk mengatasi dampak bencana.

"Nilainya masing-masing Rp250 juta," katanya.

Bupati Jayapura mengatakan, "Sebagai pemerintah daerah, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat, lewat Kepala BNPB, yang telah datang melihat permasalahan kami di daerah."

Doni menjelaskan pula bahwa selain mendata korban, BNPB akan mendata kerusakan bangunan akibat bencana serta mengupayakan bantuan untuk memperbaiki bangunan warga maupun fasilitas publik yang rusak akibat bencana.

Menurut data BNPB, hingga Minggu (17/3) pukul 10.15 WIB bencana banjir di Jayapura menyebabkan 50 orang meninggal dunia dan 59 orang terluka.

Jenazah korban meninggal dunia dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua, Rumah Sakit Marthin Indey, dan Rumah Sakit Yowari. Sementara korban yang terluka dirujuk ke PKM Sentani, Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Yowari.

Baca juga:
Kepala BNPB tinjau lokasi banjir bandang Jayapura
32 jenazah korban banjir bandang Jayapura belum teridentifikasi

 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019